Tangani Lumpur Lapindo, Bupati Sidoarjo Jadi Perhatian Dunia

Banyak yang tertarik cara penanganannya, lho

Sidoarjo, IDN Times - Bencana luapan lumpur Lapindo selama ini hanya dianggap sebagai hal negatif yang dimiliki oleh Kabupaten Sidoarjo. Namun siapa sangka, ternyata penanganan luapan lumpur Lapindo menjadi topik menarik yang diminati kota-kota se-Asia Pasifik.

1. Saiful merupakan Presiden CityNet Indonesia

Tangani Lumpur Lapindo, Bupati Sidoarjo Jadi Perhatian DuniaIDN Times/Fitria Madia

Hal ini disampaikan oleh Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah yang juga merupakan Presiden CityNet Indonesia, sebuah organisasi kota-kabupaten se-Asia Pasifik. Saiful memaparkan best practice penanganan bencana luapan lumpur Lapindo saat menghadiri forum Citynet di Da Nang, Vietnam, Kamis (22/11).

"Di kota Da Nang, hasilnya adalah untuk kerjasama semuanya kumpul jadi satu di asia pacific termasuk di Indonesia saya menjadi presiden CityNet. Di sana menyatakan bahwa kita kerjasama baik dengan CityNet Citynet yang lain di Asia Pasifik," ujarnya kepada IDN Times, Kamis (29/11).

2. Banyak yang tertarik dengan luapan lumpur

Tangani Lumpur Lapindo, Bupati Sidoarjo Jadi Perhatian DuniaIDN Times/Fitria Madia

Dalam forum tersebut, tiap kota dari berbagai diberikan kesempatan untuk berbicara dan saling menanyakan hal yang ingin diketahui. Saiful menjadi pusat perhatian saat banyak kota yang tertarik pada penanganan bencana di Indonesia khususnya Sidoarjo.

"Negara lain tertarik seperti penanganan bencana seperti luapan lumpur, banjir-banjir. Tapi banyak yang tanya luapan lumpur," terangnya.

Baca Juga: Lumpur Lapindo, Wisata Alternatif Saat Lebaran

3. Mendapat ilmu pembangunan infrastruktur

Tangani Lumpur Lapindo, Bupati Sidoarjo Jadi Perhatian DuniaIDN Times/Fitria Madia

Dari pertemuan tersebut, Saiful mendapatkan masukan-masukan baru, salah satunya soal pembangunan infrastruktur.

"Hasilnya best practice, masalah seperti tiru pembangunan infrastruktur seperti membangun gedung. Di sana 30 lantai dengan KPBU isltilahnya kerjasama pengusaha dan badan usaha," tuturnya.

4. Saling berbagi ilmu

Tangani Lumpur Lapindo, Bupati Sidoarjo Jadi Perhatian DuniaIDN Times/Fitria Madia

Saiful pun berencana ingin membangun gedung dengan pendanaan KPBU tersebut. Menurutnya, CityNet membawa ilmu baru baginya untuk memimpin Sidoarjo. Selain itu, ia bisa memamerkan Sidoarjo di mata dunia.

"Oleh karena saling menukar pengalaman menukar yang ada disana begitupin sebaliknya. Menambah ilmunya," ungkapnya.

Baca Juga: Jelang Musim Hujan, Ini Antisipasi Melubernya Lumpur Lapindo

Topic:

  • Fitria Madia
  • Faiz Nashrillah

Just For You