Tak Perlu Lagi Memutar, Jalan Yos Sudarso Sisi Timur Dibuka

Jalan ini dijamin sudah aman

Surabaya, IDN Times - Jalan Yos Sudarso Surabaya akhirnya dibuka dari kedua sisi yaitu sisi timur dan sisi barat.Para pengendara yang hendak menuju Jalan Yos Sudarso atau Wali Kota Mustajab dari Jalan Gubernur Suryo pun tak perlu memutar.

1. Jalan Yos Sudarso dibuka dari dua sisi

Tak Perlu Lagi Memutar, Jalan Yos Sudarso Sisi Timur DibukaBagian Jalan Yos Sudarso yang masih belum dibuka, Senin (9/3). IDN Times/Fitria Madia

Pembukaan jalan ini sudah dilakukan sejak Sabtu (7/3) tengah malam. Dengan ini, Jalan Yos Sudarso dapat dikatakan dibuka penuh meski masih ada sebagian jalan yang belum boleh dilewati. Meski demikian, pembukaan sisi barat sudah cukup membantu para pengendara.

"Sudah dibuka setelah dirasa siap. Sudah bisa dilalui mobil dan kendaraan berat," ujar Kepala Bidang Bangunan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Kota Surabaya Iman Krestian saat ditemui di kantornya, Senin (9/3).

Salah seorang pengemudi ojek daring, Ratno Budi mengaku baru mengetahui pembukaan ini pada Senin (9/3). Ia hampir kembali memutar lewat Jalan Simpang Dukuh karena tidak tahu bahwa Jalan Yos Sudarso sisi timur sudah dibuka.

"Tapi Alhamdulillah sudah dibuka. Jadi gak perlu muter-muter lagi," tuturnya.

2. Jalan dijamin aman

Tak Perlu Lagi Memutar, Jalan Yos Sudarso Sisi Timur DibukaDua sisi Jalan Yos Sudarso dari arah Jalan Pemuda dan Jalan Gubernur Suryo sudah dibuka. IDN Times/Fitria Madia

Jalan tersebut dinyatakan aman menahan beban alat berat setelah dilakukan uji coba dengan mobil dinas pemadam kebakaran. Pembukaan jalan sepenuhnya ini juga sudah diberitahukan kepada Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN).

"Meski ternyata kewenangan ada di Pemerintah Kota, kami tetap memberi pemberitahuan ke BBPJN. Kulo nuwun istilahnya," imbuhnya.

Jalan ini sudah mendapat persetujuan dari Dinas PU, Bina Marga, dan Pematusan seperti pembuatan jembatan pada umumnya. Pemkot juga sudah mengantongin rekomendasi dari ahli konstruksi Institut Teknologi Sepuluh Nopember untuk memastikan kekuatan jalan itu.

3. Masih tersisa lahan untuk pintu masuk proyek

Tak Perlu Lagi Memutar, Jalan Yos Sudarso Sisi Timur DibukaBagian Jalan Yos Sudarso yang masih belum dibuka, Senin (9/3). IDN Times/Fitria Madia

Meski jalan sudah dibuka, Iman menjamin pengerjaan proyek Alun-alun Surabaya tidak terganggu. Pasalnya ia sudah menyisakan lahan seluas 6 kali 16 meter yang menjadi tempat keluar masuk pekerja dan alat-alat untuk mengerjakan basement Alun-alun Surabaya.

"Ini ngecornya belakangan karena buat akses ngerjain yang bawah tanah. Pengecorannya selisih sepuluh hari," jelasnya.

Baca Juga: Tahun Baru Segera Tiba, Jalan Yos Sudarso Tak Kunjung Dibuka

4. Akan dibuka total seperti sebelumnya pada 18 Maret 2020

Tak Perlu Lagi Memutar, Jalan Yos Sudarso Sisi Timur DibukaPetunjuk jalan untuk akses pejalan kaki dan pesepeda di Jalan Yos Sudarso. IDN Times/Fitria Madia

Iman menjelaskan, cor-coran yang ada di lahan tersisa itu diperkirakan akan matang pada tanggal 16 Maret 2020. Saat itu, umur pengecoran sudah 20 hari. Setelah dilakukan kembali uji coba beban, maka diperkirakan Jalan Yos Sudarso akan dibuka total seperti semula pada 18 Maret 2020.

"Jadi baru tanggal 17 maretnya, kita lakukan pemgujian. Tes beban lagi. 18 maret baru kita buka total," pungkasnya.

Baca Juga: Mulai Besok, Jalan Yos Sudarso Sisi Timur Bisa Dilalui Kendaraan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya