Comscore Tracker

Tak Pakai Helm dan Masker, Pengendara Motor Ini Nyasar Lewat Tol

Nyasarnya jauh ya, Bund

Surabaya, IDN Times - Seorang pengendara sepeda motor kedapatan melintasi jalan tol di Surabaya, Jumat (16/7/2021). Ketika diinterogasi petugas kepolisian, pengendara motor bernama Firli itu mengaku mengantuk dan nyasar hingga naik ke jalan tol.

Baca Juga: Mobil Mendadak Mogok di Jalan Tol, Ikuti Langkah Berikut

1. Pengendara motor mengaku nyasar ke jalan tol

Tak Pakai Helm dan Masker, Pengendara Motor Ini Nyasar Lewat Tol

Kasat PJR Polda Jatim, AKBP Dwi Sumrahadi menjelaskan, penemuan ini berawal dari laporan pengguna jalan tol lainnya yang melihat pengendara motor di dalam jalur Tol Dupak II. Setelah pihaknya berpatroli, ternyata pengendara motor ini adalah Firli, seorang perempuan berusia 25 tahun. Firli mengaku tak hafal jalan saat akan pulang ke Karang Pilang.

“Dia juga mengaku mengantuk karena semalam tidak tidur,” ujar Dwi, Jumat (16/7/2021).

2. Tak memakai masker, helm, dan tidak membawa surat-surat kendaraan

Tak Pakai Helm dan Masker, Pengendara Motor Ini Nyasar Lewat TolPedagang berjualan masker karakter wajah berbahan kain di Solo, Jawa Tengah, Senin (8/6/2020) (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Firli memasuki jalur Tol Dupak II itu melalui Gerbang Tol Pasar Turi yang memang merupakan gerbang terbuka atau pembayarannya di exit tol. Saat diberhentikan petugas PJR, Firli diminta untuk berputar menuju Semanggi ke arah Tanjung Perak agar bisa keluar.

Panit PJR Jatim II Ipda Mathius Jaka menambahkan, tak hanya memasuki jalan tol, Firli juga tidak mengenakan helm dan tidak bermasker. Tak hanya itu, ia juga tidak membawa SIM dan STNK.

"Pengendara kita berikan tindakan tilang supaya memberi efek jera. Untuk barang bukti motor diamankan di kantor PJR Induk Jatim II," tuturnya.

Atas tindakan itu, Firli dikenakan Pasal 287 Ayat (1) UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

3. Becak juga pernah melintasi jalan tol ini

Tak Pakai Helm dan Masker, Pengendara Motor Ini Nyasar Lewat Tol

Kejadian serupa sebelumnya juga pernah terjadi di Tol Dupak II. Malah, bukan hanya motor, pada 14 Maret 2021 lalu pengendara becak beserta dua penumpang nekat lewat tol. Mereka mengaku sengaja lewat tol yang dianggap sepi itu untuk mudik lokal ke rumah saudaranya.

"Ini gerbang terbuka, masuk dulu bayarnya di belakang. Karena becak itu masuk dari arah Pasar Turi ke Margomulyo, di KM 0 Pasar Loak itu tidak ada penjaganya jadi dia langsung saja masuk," sebut Humas PT Margabumi Matraraya (MBMR) Andjar Hari Sutoto, Sabtu (15/5/2021).

Baca Juga: Ada-ada Saja! Viral Becak Masuk Jalan Tol Surabaya-Gresik

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya