Tak Lagi Membosankan, Dirut KAI Resmikan Sarana Mainan Tradisional

Bisa main sambil nunggu kereta

Surabaya, IDN Times - Menunggu kereta api sembari membawa anak-anak kini tak lagi membosankan. Pasalnya di Stasiun Gubeng Surabaya, telah ada sarana permainan anak di ruang tunggu penumpang. Sarana permaianan anak ini baru saja diresmikan oleh Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, Jumat (7/6).

 

1. Diresmikan oleh Dirut PT KAI

Tak Lagi Membosankan, Dirut KAI Resmikan Sarana Mainan TradisionalIDN Times/Fitria Madja

Sarana permaianan anak ini merupakan bagian dari ruang tunggu baru yang dibuka di Stasiun Gubeng. Selain permainan anak, Stasiun Gubeng juga menyediakan 350 kursi tunggu baru serta ruang merokok. Penambahan fasilitas ini bertepatan pada Posko Lebaran PT KAI 2019.

 

"Memang saya selalu support kepada seluruh daop-daop untuk mempercantik ruang tunggu, stasiunnya. supaya calon penumpang betah," kata Edi usai peresmian, Jumat (7/6).

 

2. Terdapat berbagai macam permainan

Tak Lagi Membosankan, Dirut KAI Resmikan Sarana Mainan TradisionalIDN Times/Fitria Madia

Pada area permainan ini terdapat berbagai jenis permainan seperti perosotan, ayunan, dan kuda-kudaan. Tak hanya itu, PT KAI Daop 8 juga menyediakan permainan tradisional anak-anak. Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto mengatakan bahwa permainan tersebut dapat diakses oleh para penumpang kereta api secara gratis.

 

"Ini untuk hiburan anak-anak saat menunggu kereta sekaligus hiburan juga untuk ibu-ibu bapak-bapak, kembali ke memori jaman dahulu," terangnya.

3. Permainan tradisional sengaja ditonjolkan

Tak Lagi Membosankan, Dirut KAI Resmikan Sarana Mainan TradisionalIDN Times/Fitria Madia

Konsep permainan tradisional juga dipilih oleh Daop 8 dalam rangka melestarikan budaya lokal. Anak-anak pun diperkenalkan dengan berbagai macam permainan jaman dulu seperti congklak, ketapel, gamelan, dan tek-tek.

 

"Sengaja memang kita tidak menonjolkan permainan tradisional karena ini bentuk sosialisasi kami menunjukkan bahwa ada permainan-permainan asli Indonesia," lanjutnya.

 

4. Ada pula robot-robotan

Tak Lagi Membosankan, Dirut KAI Resmikan Sarana Mainan TradisionalIDN Times/Fitria Madia

Tak hanya spot permainan, hiburan bagi anak-anak juga ada sejak di pintu masuk lobby Stasiun Gubeng Baru. Ada pria berkostum robot Transformer yang berpose dan mengajak para pengunjung Gubeng untuk berfoto.

 

"Kami juga mengikuti tren saat ini kan sedang musimnya Avenger, kita hadirkan robot. Jadi supaya anak-anak itu mempunyai memori baik dengan Stasiun Gubeng agar melekat hingga dewasa nanti," tutup Suprapto.

 

 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya