Tahun Terakhir, Risma Gelontorkan Rp225 miliar untuk Pendidikan

Yang diutamakan adalah pembangunan kamar mandi

Surabaya, IDN Times - Pada tahun 2019, salah satu fokus pembangunan Pemerintah Kota Surabaya adalah perbaikan fasilitas-fasilitas pendidikan. Bahkan, di tahun terakhir kepemerintahan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini ini, Rp225 miliar dana digelontorkan untuk fasilitas pendidikan.

 

1. Rp225 miliar untuk pembangunan prasarana sekolah

Tahun Terakhir, Risma Gelontorkan Rp225 miliar untuk PendidikanIDN Times/Fitria Madia

 

Pemberian dana tersebut akan difokuskan menjadi dua hal yaitu pembangunan prasarana sekolah sebesar Rp203,5 miliar dan pemeliharaan sebesar Rp21,5 miliar. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan bahwa pengerjaan tersebut direncanakan rampung pada tahun 2020.

"Tahun 2020 tidak ada lagi sekolah jelek. Melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya nanti kita akan bangun dan perbaiki itu sekolah-sekolah," ujar Eri di Kantor Bagian Humas Pemkot Surabaya, Rabu (30/1).

2. Sarana yang diutamakan adalah kamar mandi

Tahun Terakhir, Risma Gelontorkan Rp225 miliar untuk PendidikanIDN Times/Fitria Madia

 

Eri mengatakan bahwa sarana yang diutamakan untuk diperbaiki adalah kamar mandi. Pasalnya, kamar mandi di sekolah-sekolah negeri Surabaya jauh dari kata layak.

"Coba lihat kamar mandi Al Hikmah, bagus. Atau kamar mandi Santa Maria, bagus. Tapi sekolah negeri?" tuturnya.

Padahal, lanjut Eri. Kamar mandi merupakan salah satu komponen penting dalam prasarana pendidikan untuk menjamin kesehatan siswa-siswi yang berada di sekolah tersebut.

Baca Juga: Satu Pria Tenggelam di Sungai Jagir Surabaya, Risma Pantau Pencarian

3. 200 gedung menjadi sasaran

Tahun Terakhir, Risma Gelontorkan Rp225 miliar untuk PendidikanIDN Times/Fitria Madia

 

Sebagai solusinya, anggaran Rp21,5 miliar tersebut akan digunakan untuk perbaikan kamar mandi, perbaikan plafon, dan pengecatan 200 gedung sekolah negeri di Surabaya.

"Ada yang melalui pengerjaan lelang, ada yang melalui penunjukan langsung, atau dari satgas ketika itu tidak terlalu banyak yang ditimbulkan," terang Eri.

4. Rp203,5 miliar untuk dana pembangunan

Tahun Terakhir, Risma Gelontorkan Rp225 miliar untuk PendidikanIDN Times/Fitria Madia

 

Ia melanjutkan, anggaran Rp203,5 miliar sisanya digunakan untuk pembangunan prasarana sekolah. Pembangunan yang dimaksud antara lain pembangunan ruang kelas baru, pembangunan fasilitas pendukung, dan rehabilitasi kerusakan baik ringan maupun berat.

"Nanti akan ada 50 gedung SD negeri dan 13 gedung SMP negeri yang akan menerima pembangunan ini," pungkasnya.

Baca Juga: Kasus Penumpang Meninggal, Pengemudi Ojol Dibantu Kuasa Hukum Risma

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya