Tahun Baru Segera Tiba, Jalan Yos Sudarso Tak Kunjung Dibuka

Meski dibuka, hanya satu ruas untuk pejalan kaki

Surabaya, IDN Times - Dalam hitungan hari, tahun sudah akan berganti. Namun, Jalan Yos Sudarso yang dijanjikan dibuka sebelum pergantian tahun belum juga terlaksana. Hingga saat ini, lokasi proyek Alun-alun Surabaya itu masih tertutup rapat oleh seng dan spanduk.

1. Tunggu koordinasi Dishub dan Polrestabes Surabaya

Tahun Baru Segera Tiba, Jalan Yos Sudarso Tak Kunjung DibukaJalan Yos Sudarso Surabaya yang rencananya akan dibuka. IDN Times/Fitria Madia

Kepala Bidang Bangunan dan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Surabaya Iman Krestian mengatakan, sejatinya Jalan Yos Sudarso sudah siap dibuka. Namun, pihaknya masih menunggu koordinasi dari Dinas Perhubungan Kota Surabaya dan Satlantas Polrestabes Surabaya.

"Besok (Senin) kami baru rapatkan. Nanti jalan akan kami buka setelah mendapatkan rekomendasi dari Dishub dan Polrestabes," ujar Iman ketika dikonfirmasi IDN Times, Minggu (29/12).

2. Jalan siap dibuka satu ruas saja

Tahun Baru Segera Tiba, Jalan Yos Sudarso Tak Kunjung DibukaJalan Yos Sudarso yang rencananya akan dibuka satu ruas saja. IDN Times/Fitria Madia

Jalan Yos Sudarso sejatinya pernah ditargetkan dapat dibuka untuk kendaraan bermotor sebelum pergantian tahun. Namun rupanya rencana tersebut gagal. Kini jalan itu hanya dapat dilewati pejalan kaki dan pesepeda. Bahkan yang dibuka hanya satu ruas jalan.

Ketika IDN Times meninjau lokasi, jalan memang sudah beraspal. Tidak ada lagi rongga terbuka sebagai lokasi pengerjaan proyek bawah tanah Alun-alun Surabaya.

"Memang hanya sebagian. Karena sebagian lainnya masih digunakan untuk keluar masuk alat berat untuk pengerjaan proyek," tutur Iman.

Baca Juga: Hampir Akhir Tahun, Badan Alun-alun Surabaya Baru Tergarap 30 Persen

3. Sempat dipasang portal seperti pedesterian

Tahun Baru Segera Tiba, Jalan Yos Sudarso Tak Kunjung DibukaPortal pedesterian yang sempat dipasang di Jalan Yos Sudarso. Dok Istimewa

Iman sempat menunjukkan gambar ruas Jalan Yos Sudarso yang telah dipasangi portal pembatas jalan. Portal tersebut sama seperti yang ada di pedesterian. Bahkan dilengkapi dengan portal yang dapat dilalui pengguna kursi roda.

Namun, saat ini di lokasi rupanya portal tersebut tak lagi terpasang. Iman mengatakan bahwa mereka masih butuh beberapa penyesuaian agar pejalan kaki dan pengguna jalan lain merasa nyaman.

"Memang sempat dipasang kemarin. Tapi dilepas lagi. Rencananya mau digeser lebih mendekati ke tikungan," jelasnya.

4. Optimistis jalan segera dibuka dan aman dilalui

Tahun Baru Segera Tiba, Jalan Yos Sudarso Tak Kunjung DibukaPetunjuk jalan untuk akses pejalan kaki dan pesepeda di Jalan Yos Sudarso. IDN Times/Fitria Madia

Meski penghujung tahun tinggal 2 hari lagi, Iman optimistis jalan tersebut dapat segera dibuka seperti yang telah dijanjikan. Ia tinggal menunggu koordinasi dengan Dishub dan Satlantas Polrestabes Surabaya.

"Pasti akan segera dibuka. Saya jamin jalannya aman jika dilalui pejalan kaki dan pesepeda," pungkasnya.

Baca Juga: Belum Siap, Alun-alun Surabaya Dibuka Hanya untuk Pejalan Kaki

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya