Sudah Rawat 419 Pasien, Kesembuhan RSDL Indrapura 100 Persen

Semoga RS lain juga begitu, ya

Surabaya, IDN Times - Setelah berjalan selama hampir dua bulan, RS Darurat Lapangan (RSDL) Indrapura hingga saat ini telah merawat pasien COVID-19. Tercatat belum ada pasien yang meninggal dunia usai dirawat di sana.

1. Sebanyak 419 pasien dirawat di RSDL Indrapura

Sudah Rawat 419 Pasien, Kesembuhan RSDL Indrapura 100 PersenPeresmian RS Lapangan COVID-19 di Jalan Indrapura, Surabaya, Selasa (2/6). Dokumentasi Humas Pemprov Jatim.

Berdasarkan catatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Timur, hingga Sabtu (11/7/2020) telah ada 419 pasien yang dirawat di RSDL Indrapura sejak pertama kali dioeprasikan pada 25 Mei 2020. Dari total seluruh pasien, 371 di antaranya telah sembuh.

"Alhamdulillah, bahwa sejauh ini 371 orang dari 419 pasien yang dirawat di rumah sakit darurat telah sembuh. Sekarang yang tengah dirawat ada 44 orang, dan 4 orang lainnya dirujuk ke rumah sakit rujukan,” ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Sabtu (11/7/2020).

2. Kesembuhan pasien 100 persen

Sudah Rawat 419 Pasien, Kesembuhan RSDL Indrapura 100 PersenPeresmian RS Lapangan COVID-19 di Jalan Indrapura, Surabaya, Selasa (2/6). Dokumentasi Humas Pemprov Jatim.

Khofifah pun memberikan apresiasi kepada para tenaga medis yang ada di rumah sakit yang memang dikhususkan untuk pasien bergejala ringan hingga sedang tersebut. Dengan catatan kesembuhan pasien, ia menyimpulkan bahwa kesembuhan pasien di RSDL Indrapura 100 persen.

“Artinya seluruh pasien COVID-19 yang dirawat di sana sudah sembuh. Dan sisanya sekarang tengah menjalani perawatan, kami harap juga segera menyusul untuk sembuh,” tuturnya.

3. Pelayanan medis dibuat menyenangkan

Sudah Rawat 419 Pasien, Kesembuhan RSDL Indrapura 100 PersenPeresmian RS Lapangan COVID-19 di Jalan Indrapura, Surabaya, Selasa (2/6). (Humas Pemprov Jatim).

Ia menjelaskan bahwa layanan di RSDL Indrapura akan terus ditingkatkan. Dalam menjalani perawatan, seluruh pasien diajak untuk membangun suasana yang positif. Setiap pagi, seluruh pasien diajak untuk berjemur sembari senam bersama para nakes. Kemudian di RSDL juga terdapat coffeeshop dengan layanan self service. Serta di RSDL juga memberikan perawatan yang terbaik pada pasien.

“Upaya untuk meningkatkan kesembuhan pasien covid-19 di Jatim adalah upaya yang tak henti kami lakukan. Prinsipnya adalah jika evakuasi pasien dilakukan dengan cepat, pelayanan juga cepat, maka kesembuhan juga dicapai dengan cepat,” ungkapnya.

Baca Juga: Risma Siapkan Asrama Haji Sukolilo Jadi RS Darurat COVID-19

4. Berharap bisa ditiru RS lain

Sudah Rawat 419 Pasien, Kesembuhan RSDL Indrapura 100 Persen(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Apalagi saat ini RSDL Indrapura yang dalam koordinasi Pangkogabwilhan II Marsekal Madya Imran Baidirus telah menjadi posko utama dalam menjalankan one gate referral system. Kecepatan penanganan pasien COVID-19 yang dilakukan di RSDL Indrapura ini diharapkan juga diterapkan di seluruh RS rujukan COVID-19 di Jatim.

“Alhamdulillah dalam menjalankan RSDL Indrapura kami juga mendapatkan banyak dukungan, misalnya dukungan nakes dari jajaran TNI, dan juga dukungan alkes dari banyak pihak, ini adalah bukti bahwa penanganan yang optimal membutuhkan strong partnership dari seluruh elemen dan seluruh lini,” tutupnya.

Baca Juga: Tolak Jadi RS Darurat, Manajemen Hotel Grand Surabaya Mengaku Bingung

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya