Sudah 18.623 Siswa, Vaksinasi Anak Digelar di Sekolah-sekolah Surabaya

Anak-anak aja vaksin, masa kamu gak?

Surabaya, IDN Times - Vaksinasi bagi anak-anak berusia 12-17 tahun mulai dilaksanakan ke sekolah-sekolah di Kota Surabaya. Hingga saat ini, telah ada 18.623 anak mengikuti vaksinasi COVID-19 yang diselenggarakan di sekolahnya masing-masing maupun secara terpusat.

1. Targetkan 14 ribu anak divaksin dalam sehari

Sudah 18.623 Siswa, Vaksinasi Anak Digelar di Sekolah-sekolah SurabayaKepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita saat memantau vaksinasi di RSUD dr.Soewandhi, Rabu, (24/2/2021). IDN Times/Fitria Madia

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita menuturkan, vaksinasi di sekolah ini dilaksanakan secara serentak meski lokasinya berbeda-beda. Pada pelaksanaan hari Jumat (16/7/2021) saja, ia menargetkan 14.150 siswa dari 28 sekolah berhasil divaksinasi.

"Kita terus lakukan percepatan ya. jadi supaya lebih cepat kita lakukan di sekolah masing-masing dengan prokes ketat,” ujar Feny, sapaan akrab Febria.

2. Sudah 18.623 anak divaksin di Surabaya

Sudah 18.623 Siswa, Vaksinasi Anak Digelar di Sekolah-sekolah SurabayaIlustrasi vaksin atau jarum suntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Berdasarkan data Dinkes Kota Surabaya, total pelajar yang sudah divaksinasi per 15 Juli 2021 mencapai 18.623 pelajar. Sedangkan, cakupan secara keseluruhan vaksinasi di Kota Pahlawan mencapai lebih dari 1.9 juta jiwa. Feny memastikan terus memasifkan vaksin bagi belajar berusia 12 tahun ke atas hingga masyarakat umum.

“Kita akan terus memaksimalkan ini sampai seluruh cakupan terpenuhi,” tuturnya.

3. Para siswa antusias divaksinasi

Sudah 18.623 Siswa, Vaksinasi Anak Digelar di Sekolah-sekolah SurabayaIlustrasi Vaksin. IDN Times/Arief Rahmat

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 58 Surabaya Moh Sulistiyohadi menambahkan bahwa siswanya amat antusias untuk mendapatkan suntikan vaksinasi COVID-19 ini. Pada pelaksanaan hari pertama, telah ada 400 siswa yang menerima vaksinasi.

“Hari ini pun masih banyak ya, kalau kemarin didominasi oleh pelajar kelas IX. Sekarang kalau dilihat banyak kelas VII. Kalau targetnya hari ini sekitar 336 anak,” sebut Sulistiyohadi.

Baca Juga: BioNTech Minta Persetujuan Eropa untuk Vaksinasi Anak-anak

4. Hampir seluruh wali murid setuju anaknya divaksinasi

Sudah 18.623 Siswa, Vaksinasi Anak Digelar di Sekolah-sekolah Surabayailustrasi penyuntikan vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelum para siswanya divaksinasi, Sulistiyohadi memastikan bahwa pihak sekolah telah meminta persetujuan orang tua melalui pengisian formulir online yang  sudah disiapkan pihak sekolah. Dari situ lah ternyata hampir seluruh orang tua mengisi formulir persetujuan itu.

“Alhamdulillah kita bisa lihat siswa keluar masuk dari pagi cukup banyak. Tetapi memang ada beberapa yang belum bisa kami vaksin karena ada pelajar yang sedang nunggu hasil swab PCR, itu saja. Selebihnya semua bersedia,” imbuhnya.

Seorang siswa siswa kelas VII SMPN 58 Surabaya M Roziq Ardiansyah, mengaku tidak merasakan sakit setelah disuntik vaksin. Ia mengajak pun seluruh teman-temannya tidak perlu takut suntik vaksin.

“Rasanya seperti digigit semut, tidak sakit sama sekali. Ayo vaksin biar sehat teman-temanku,” pungkasnya. 

Baca Juga: Vaksinasi Anak-anak di Surabaya Mulai Hari Ini, Cukup Bawa KK dan KAI!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya