Staf Disbudpar Surabaya Ciptakan Lagu Pop tentang Virus Corona

Salah satu bentuk sosialisasi

Surabaya, IDN Times - Berbagai cara persuasif dilakukan agar masyarakat patuh untuk mencegah penularan COVID-19. Salah satunya dilakukan oleh para staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya yang menciptakan sekaligus menyanyikan lagu berjudul “Bersatu Melawan Virus Corona”.

1. Diciptakan dan dinyanyikan staf Disbudpar Surabaya

Staf Disbudpar Surabaya Ciptakan Lagu Pop tentang Virus CoronaStaf Disbudpar Surabaya dalam video klip mereka berjudul “Bersatu Melawan Virus Corona”. Dok Humas Pemkot Surabaya

Pencipta lagu tersebut, MT Agus menceritakan, awal mula terciptanya lagu ini karena ingin menghibur masyarakat melalui sebuah lagu yang edukatif di tengah  pandemik COVID-19. Agus memang kerap menciptakan lagu yang kemudian ia unggah dalam kanal YouTube-nya.

“Terciptanya lagu ini berawal dari keinginan saya untuk menghibur masyarakat melalui sebuah lagu yang edukatif di tengah  pandemi yang sedang melanda kota kita, negara kita dan dunia pada umumnya,” ujarnya melalui siaran pers Humas Pemkot Surabaya, Selasa (12/5).

Proses penciptaan lagu ini tergolong singkat. Agus mulanya menentukan tema lagu, lalu membuat notasi yang easy listening, hingga membuat syair yang sesuai dengan tema. Selanjutnya, menyiapkan konsep musik, format penyanyi, hingga pembuatan video klip.

"Nah, kebetulan di Disbudpar itu ada teman-teman yang memang bakatnya bernyanyi, sehingga saya ajak mereka. Jadi, proses secara keseluruhan kira-kira 2 mingguan,” tuturnya.

2. Sampaikan pesan pencegahan COVID-19

Staf Disbudpar Surabaya Ciptakan Lagu Pop tentang Virus CoronaStaf Disbudpar Surabaya dalam video klip mereka berjudul “Bersatu Melawan Virus Corona”. Dok Humas Pemkot Surabaya

Melalui lagu tersebut, Agus berharap masyarakat dapat selalu patuh terhadap imbauan dan protokol yang telah disampaikan oleh pemerintah dalam rangka menanggulangi COVID-19. Makanya, dalam lagu ini turut mensosialisasikan imbauan pemerintah dalam upaya pencegahan penularan COVID-19.
 
"Kita berharap agar semua tetap selalu bersatu dan gotong royong melawan pandemik COVID-19 ini, supaya kita semua semakin cepat terbebas dari pandemi ini dan kita semua bisa beraktivitas normal kembali," harapnya.

Lagu ini bisa dinikmati melalui kanal YouTube MT Agus dengan judul “Bersatu Melawan Virus Corona”.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Protes Klaster Versi Pemprov, Begini Penjelasannya

3. Bentuk pembinaan seni

Staf Disbudpar Surabaya Ciptakan Lagu Pop tentang Virus CoronaIlustrasi virus corona. (IDN Times/Mia Amalia)

Sementara itu, Kepala Disbudpar Kota Surabaya Antiek Sugiharti mengaku bangga atas karya stafnya yang juga bisa sebagai media sosialisasi. Pasalnya, Agus menciptakan lagu tersebut atas inisiatifnya tanpa disuruh oleh Antiek.

"Seniman itu kira-kira begitu. Dan memang selama ini ciptaan Mas Agus ini sudah banyak, termasuk lagu Museum 10 November dan lagu-lagu tentang Surabaya lainnya. Semoga ke depan terus berkarya,” harapnya.

Ia pun ingin agar stafnya yang lain bisa mengekspresikan diri dan tetap berkarya melalui seni. Hal tersebut merupakan salah satu tujuan Disbudpar dalam pembinaan seni di Kota Surabaya.
 
“Makanya ke depan saya akan terus mendorong teman-teman untuk berkarya semacam ini. Sesuai dengan tugas kita untuk membina dan mengembangkan seni budaya, maka akan dilakukan penguatan di internal staf Disbudpar yang memiliki talenta,” tutupnya.

Baca Juga: 18 Calon TKI Diamankan di Rest Area Tol Surabaya-Sidoarjo

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya