Stadion GBT Jadi Venue Piala Dunia U-20, Khofifah: Hasil Kerja Sama

Masih ada catatan yang harus diperbaiki di Stadion GBT

Surabaya, IDN Times - Nama Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya telah muncul menjadi salah satu tempat penyelenggara Piala Dunia U-20 2021. Kabar tersebut tentu saja menjadi angin segar usai perdebatan antara banyak pihak. Salah satunya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang sempat mempermasalahkan bau sampah di Stadion GBT.

1. Terpilihnya Stadion GBT merupakan hasil kerja bersama

Stadion GBT Jadi Venue Piala Dunia U-20, Khofifah: Hasil Kerja SamaGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kanan) saat meninjau thermal scanner di Bandara Juanda, Jumat (24/1). IDN Times/Fitria Madia

Khofifah mengatakan bahwa terpilihnya Stadion GBT merupakan hasil kerja sama banyak pihak, termasuk Pemerintah Provinsi Jatim dan Pemerintah Kota Surabaya. Mereka telah berkoordinasi dengan baik untuk mewujudkan Stadion GBT sebagai salah satu tuan rumah Piala Dunia 2021.

"Ini kan proses yang kita mengkonfirmasi, mengkoordinasikan, dan seterusnya. Kita berbenah bersama, kita bersiap bersama," ujarnya saat ditemui di Terminal 2 Bandara Juanda, Jumat (24/1).

2. GBT diyakini masih memiliki catatan yang harus diperbaiki

Stadion GBT Jadi Venue Piala Dunia U-20, Khofifah: Hasil Kerja SamaPapan skor digital telah terpasang di stadion Gelora Bung Tomo. IDN Times/Fitria Madia

Meski telah terpilih, Khofifah yakin Stadion GBT masih memiliki beberapa catatan yang harus dibenahi. Untuk itu, ia meminta Pemkot Surabaya berkonsultasi dengan PSSI dan Kemenpora terkait persiapan Stadion GBT.

"Mungkin tanyanya ke PSSI dan menpora catatan-catatannya apa saja kemudian proses yang harus dilakukan apa saja dan seterusnya. Maret Insyaallah FIFA turun, jadi mari kita berbenah bersama," pungkasnya.

Baca Juga: Piala Dunia U-20 Digelar Mei 2021, GBT Jadi Salah Satu Tuan Rumah

3. FIFA akan inspeksi GBT Maret mendatang

Stadion GBT Jadi Venue Piala Dunia U-20, Khofifah: Hasil Kerja SamaPapan skor elektronik di stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Berdasarkan laporan IDN Times sebelumnya, Sekretaris Jenderal PSSI menyebut ada enam stadion yang bakal digunakan untuk Piala Dunia U-20 2021 setelah sebelumnya hanya empat stadion saja yang ditetapkan FIFA.

Tiga stadion serta pendampingnya sudah dipastikan bakal menggelar ajang tersebut, di antaranya Stadion Utama Gelora bung Karno (SUGBK) dengan pendamping Stadion Pakansari Cibinong, Stadion Manahan Solo dengan pendamping Stadion Mandala Krida Yogyakarta, dan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya dan pendamping Stadion I Wayan Dipta Bali.

Tiga stadion sisanya masih belum diumumkan lantaran harus menyiapkan terlebih dahulu stadion lain sebagai pendukung. Renovasi stadion-stadion tersebut harus segera rampung dilakukan lantaran FIFA bakal melakukan inspeksi pada Maret 2020 mendatang.

Baca Juga: Lika-liku Terpilihnya Stadion GBT Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya