Sidak Keliling TPS-TPS, Risma Kaget Ada Pemilih Berusia 94 Tahun

Tuh yang sudah sepuh saja semangat nyoblos

Surabaya, IDN Times - Saat melakukan inspeksi mendadak di beberapa Tempat Pemungutan Suara bersama Forum Pimpinan Daerah, pada Rabu (17/4), Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, kaget ketika menemui calon pemilih yang berusia 94 tahun. Risma pun mengapresiasi semangat yang dimiliki oleh lansia tersebut.

Baca Juga: Antre Hampir Sejam, Risma Bagi Tips Mencoblos dengan Cepat

1. Risma sidak ke beberapa TPS di Surabaya

Sidak Keliling TPS-TPS, Risma Kaget Ada Pemilih Berusia 94 TahunIDN Times/Fitria Madia

Risma berkeliling Surabaya bersama Forpimda usai mencoblos di TPS 001 Jajar Tunggal, Wiyung, dekat rumahnya. Tujuan pertama dari rombongan tersebut adalah TPS 13, Jalan Pacar yang terletak di halaman Gereja Gloria.

"Permisi, Pak. Saya duduk di sini, ya. Kan gak boleh ke dalam. Ini ada Pak Kapolres, Pak Kajari, ada Pak Danrem juga. Lengkap," ujar Risma menyapa KPPS dan warga yang ada.

2. Layani swafoto bersama warga

Sidak Keliling TPS-TPS, Risma Kaget Ada Pemilih Berusia 94 TahunIDN Times/Fitria Madia

Seperti biasa, kedatangan Risma menjadi magnet bagi warga yang ada. Ia pun melayani permintaan berfoto warga. Sembari berswafoto, Risma berpesan kepada warganya agar mempercayai Forpimda untuk menjamin keamanan Kota Surabaya.

"Ini tinggal di Surabaya semua? Iya di Surabaya saja semua, gak usah kemana-mana. Surabaya aman," ujarnya disambut gelak tawa.

3. Kaget ada warga berusia 94 tahun

Sidak Keliling TPS-TPS, Risma Kaget Ada Pemilih Berusia 94 TahunIDN Times/Fitria Madia

Namun, hal menarik terjadi saat sepasang suami istri lansia mengapit Risma untuk minta berfoto. Salah seorang warga memberitahu Risma bahwa lansia tersebut sudah berusia 94 tahun. Risma pun kaget dan memuji semangat lansia tersebut.

"Umur 94? Waduh. Pak Kapolres, ini loh, umurnya 94," kata Risma kepada Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan.

"Wah ini gambaran kita di masa depan, Bu," sahut Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan sembari menyalami lansia tersebut.

4. Pasangan lansia yang tak pernah bolos nyoblos

Sidak Keliling TPS-TPS, Risma Kaget Ada Pemilih Berusia 94 TahunIDN Times/Fitria Madia

Pasang suami istri lanjut usia tersebut bernama Sutantio (94) dan Candrawati (80). Mereka datang bersama anak cucunya. Keduanya pun mengaku senang atas kedatangan Risma dan jajaran Forpimda.

"Saya happy. Merasa aman," ujar Candrawati.

Baik Candrawati dan Sutantio mengaku tak pernah absen dalam menggunakan hak suaranya. Meski tahun-tahun sebelumnya mereka sempat bermukim di Cina, namun mereka tak pernah bolos untuk nyoblos di TPS yang disediakan.

"Ini hak pribadi saya," tutur Sutantio dengan suara serak.

Menariknya, saking semangatnya, Sutantio enggan membaca daftar calon presiden maupun calon legislatif yang terpampang meski anak cucunya telah menyuruh.

"Gak perlu. Saya sudah tahu," ungkapnya dengan senyuman yang disambut gelak tawa keluarganya.

Baca Juga: Ajak Cucu Bersih-bersih GBT, Risma Harap Persebaya Menang Tanpa Korban

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya