Comscore Tracker

Siapkan Payung, Surabaya Diprediksi Hujan Sampai Sore

Potensi banjir di level siaga

Surabaya, IDN Times - Hujan diramalkan kembali melanda Jawa Timur, Sabtu (20/11/2021). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Juanda memprakirakan mayoritas daerah di Jatim akan diguyur hujan dari pagi hingga sore hari.

1. Pagi hingga malam diprakirakan hujan

Siapkan Payung, Surabaya Diprediksi Hujan Sampai SoreIlustrasi hujan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas 1 Juanda Teguh Tri Susanto menjelaskan, cuaca pagi hari di Jatim diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir. Kondisi ini akan bertahan hingga sore hari.

"Untuk malam sampai dini hari diprakirakan cerah, berawan, berkabut, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir," ujarnya, Sabtu (20/11/2021).

2. Potensi banjir di level siaga

Siapkan Payung, Surabaya Diprediksi Hujan Sampai SoreIlustrasi hujan (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Dengan kondisi ini, suhu udara diperkirakan berkisar 14-32 derajat celcius. Sementara kelembapan udara berada di angka 65-100 derajat, sedikit lebih lembap dibanding biasanya. Kemudian, angin diperkirakan didominasi dari barat daya ke selatan dengan kecepatan 05-30 kilometer perjam.

"Potensi banjir ada dalam level siaga," tutur Teguh.

3. Surabaya diramal hujan dari pagi hingga sore

Siapkan Payung, Surabaya Diprediksi Hujan Sampai SoreIlustrasi hujan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Daerah yang diprakirakan diguyur hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada pagi hari yaitu Surabaya, Gresik, Nganjuk, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Situbondo dan Sumenep.

Sedangkan di siang hingga sore hari, hujan lebat diramalkan terjadi di Surabaya, Kab. Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang dan Situbondo.

"Malam hari di wilayah Pulau Bawean, Nganjuk, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kota Kediri, Kab. Malang, Batu dan Lumajang," pungkasnya.

Baca Juga: Gandeng Bappenas, BMKG Susun Aksi Nasional Mitigasi Perubahan Iklim

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya