Siaga Corona, Makser Medis Sudah Tersedia di Kelurahan Se-Surabaya

Akan dibagikan jika sudah waktunya

Solo, IDN Times - Seluruh kelurahan di Kota Surabaya rupanya telah memiliki cadangan masker medis. Masker-masker ini merupakan persediaan yang disiapkan untuk mengantisipasi kelangkaan. Masker saat ini memang banyak diburu semenjak virus Corona sudah masuk ke Indonesia.

1. Pemkot Surabaya perbanyak stok masker medis

Siaga Corona, Makser Medis Sudah Tersedia di Kelurahan Se-SurabayaIlustrasi masker. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, persediaan masker ini telah ia siapkan sejak Januari 2020. Setelah jumlah persediaan masker dirasa cukup, Risma pun meminta dinas kesehatan membagikannya ke kelurahan-kelurahan.

"Ingat teman-teman waktu aku ngomong ada beberapa peristiwa alam ya, aku sudah perintahkan teman-teman dinas kesehatan untuk menyimpan persedian masker terus baju yang kayak astronaut itu. Masker itu saya siapkan untuk kejadian-kejadian gunung meletus, kayak (Gunung) Kelud waktu itu, aku kan bagi masker se-Surabaya," ujarnya di Rumah Makan Pecel Solo, Rabu (4/3).

Ia menekankan, stok yang ia kumpulkan bukan merupakan tindakan penimbunan atau pun bertujuan untuk mengurangi stok masker di pasaran. Pasalnya ia berjaga-jaga jika nanti masker langka, ia masih memiliki stok yang dapat dibagikan untuk yang memerlukan.

2. Masker sudah berada di kelurahan

Siaga Corona, Makser Medis Sudah Tersedia di Kelurahan Se-SurabayaIlustrasi masker. IDN Times/Auriga Agustina

Persediaan masker ini pun ditaruh di kantor-kantor kelurahan. Tujuannya, ketika masyarakat sekitar membutuhkan masker secara darurat, pihak kelurahan dapat langsung membagikannya ke rumah warga di wilayah kelurahan tersebut.

"Biar warga itu cepat dan gak nunggu aku, dibagi gratis. Aku langsung serahkan ke kelurahan karena bisa lebih cepat. Sarung tangan ya aku sosialisasi sejak bulan Januari," tuturnya.

Baca Juga: Jauh-jauh ke Solo, Risma 'Kuliahi' Gibran

3. Masker dibagikan menunggu aba-aba Dinkes

Siaga Corona, Makser Medis Sudah Tersedia di Kelurahan Se-SurabayaIlustrasi Virus Corona (IDN Times/Reja Gussafyn)

Nantinya, ia menunggu laporan dari dinas kesehatan kapan dan kepada siapa saja sebaiknya masker-masker tersebut dibagikan. Dengan jumlah yang terbatas, ia berharap masker medis dapat diperoleh bagi orang-orang yang membutuhkan.

"Makanya kenapa kita belum bagi, itu nanti bentuknya sesuai dengan kondisi yang dilaporkan sama dinas kesehatan. Kenapa kok di kelurahan dan bukan di dinkes," pungkasnya.

Baca Juga: Khawatir Kehabisan, Risma Sudah Perbanyak Stok Masker Sejak Lama

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya