Sempat Terhenti, Pembangunan Jembatan Joyoboyo Kembali Dilanjutkan

Kini sudah sampai 35 persen

Surabaya, IDN Times - Pembangunan Jembatan Joyoboyo yang ada di sisi selatan Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) sempat tertunta saat adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun kini pengerjaannya dilanjutkan kembali untuk mengejar target penyelesaian pada Desember 2020.

1. Pembangunan jembatan diteruskan

Sempat Terhenti, Pembangunan Jembatan Joyoboyo Kembali DilanjutkanDesain 3D Jembatan Joyoboyo. Dok Humas Pemkot Surabaya

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya, Erna Purnawati menjelaskan, pembangunan jembatan ini terus dilanjutkan di tengah wabah COVID-19 lantaran semua peralatan dan konstruksi sudah diimpor. Hingga saat ini pembangunan fisik jembatan telah mencapai 35 persen.
 
“Nanti jadwalnya pada bulan Agustus sudah sampai pada pekerjaan yang di atas, seperti pemasangan voided slab pada lantainya,” ujarnya melalui siaran pers Humas Pemkot Surabaya, Selasa (23/6).

2. Ujung-ujung jembatan sudah terpasang

Sempat Terhenti, Pembangunan Jembatan Joyoboyo Kembali DilanjutkanPerkembangan pembangunan Jembatan Joyoboyo. Dok Humas Pemkot Surabaya

Erna melanjutkan, saat ini abutment atau kepala jembatan yang berada di bagian bangunan pada ujung-ujung jembatan sudah terpasang. Selain itu, oprit yang berupa timbunan tanah di sisi selatan jembatan sudah terpasang pula. Dengan ini bentuk fisik dari jembatan sudah bisa terlihat.
 
“Spun pile atau tiang pancang betonnya sudah terpasang semuanya. Jadi, pembangunan fisiknya sudah sekitar 35 persen,” imbuhnya.

3. Jembatan membentang sepanjang 150 meter

Sempat Terhenti, Pembangunan Jembatan Joyoboyo Kembali DilanjutkanPerkembangan pembangunan Jembatan Joyoboyo. Dok Humas Pemkot Surabaya

Jembatan Joyoboyo ini nantinya memiliki panjang 150 meter dengan lebar 17 meter dan tinggi pilonnya 20 meter. Sedangkan struktur jembatannya dari beton bertulang dan voided slab. Area jembatan tersebut akan dikelilingi taman dan air mancur warna-warni. Nantinya juga akan ada tempat di tengah-tengah jembatan yang bisa melihat dan menikmati suasana Surabaya.

"Nilai kontraknya Rp 39 miliar dengan tanggal kontrak 15 Oktober 2019,” sebutnya.

Baca Juga: Terowongan Bawah Tanah Joyoboyo-KBS Direalisasikan Tahun Ini

4. Sebagai jembatan dan wahana rekreasi

Sempat Terhenti, Pembangunan Jembatan Joyoboyo Kembali DilanjutkanPerkembangan pembangunan Jembatan Joyoboyo. Dok Humas Pemkot Surabaya

Jembatan ini didesain khusus karena nanti tidak hanya berfungsi sebagai jembatan semata, namun juga akan menjadi wahana baru untuk warga Kota Surabaya yang ingin berekreasi. Wahana baru itu bisa dinikmati dan disaksikan dari lantai 5 TIJ. Di sana, warga bisa menyaksikan Jembatan Joyoboyo dan bisa menikmati suasana Surabaya, karena didesain khusus untuk menjadi wahana rekreasi. Nanti di Jembatan Joyoboyo juga akan ada tempat khusus untuk melihat dan menikmati Surabaya.
 
“Mudah-mudahan jembatan ini bisa memberikan manfaat untuk warga Kota Surabaya khususnya dan warga lain dari luar Surabaya yang memanfaatkan jembatan ini,” pungkasnya.

Baca Juga: Mulai Dibangun, Jembatan Joyoboyo Akan Jadi Ikon Baru Surabaya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya