Sempat Ricuh, Massa Demo Omnibus Law di Grahadi Mulai Orasi

Mereka minta bertemu Khofifah

Surabaya, IDN Times - Setelah sempat berlangsung ricuh, demonstrasi di Gedung Negara Grahadi kembali berlanjut, Kamis (8/10/2020). Kali ini akhirnya ada aksi orasi dari para perwakilan massa di atas pagar Grahadi yang telah dijebol.

1. Orasi dimulai, mereka sampaikan kekecewaannya

Sempat Ricuh, Massa Demo Omnibus Law di Grahadi Mulai OrasiAksi tolak Omnibus Law di Gedung Negara Grahadi, Kamis, (8/10/2020) yang berlangsung ricuh. IDN Times/Fitria Madia

Massa yang didominasi mahasiswa dan pelajar ini bergantian menyampaikan orasi mereka terkait omnibus law Undang-undang Cipta Kerja. Mereka menyampaikan kekecewaan terhadap Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI karena menyetujui UU Ciptaker yang dinilai banyak merugikan rakyat.

"Gagalkan Omnibus Law! Pemerintah seharusnya berpihak pada rakyat. Bukan malah menyengsarakan rakyat," ujar salah seorang orator.

2. Minta bertemu Khofifah

Sempat Ricuh, Massa Demo Omnibus Law di Grahadi Mulai OrasiGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa membagikan masker kepada warga di sekitaran Stasiun Kota Malang. IDN Times/ Alfi Ramadana

Tak hanya itu, mereka juga mendesak untuk bisa bertemu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Khofifah dinilai sebagai perwakilan pemerintah pusat yang seharusnya bisa menyampaikan pesan mereka. Namun Khofifah diketahui tidak sedang berada di tempat, ia tengah menghadiri acara di Koarmada II.

"Siapa yang setuju kita harus bertemu Bu Gubernur? Ayo Bu Gubernur keluar temui kami," sebut orator lainnya.

Baca Juga: Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law di Malang Ricuh  

3. Demonstrasi sempat ricuh

Sempat Ricuh, Massa Demo Omnibus Law di Grahadi Mulai OrasiAksi tolak Omnibus Law di Gedung Negara Grahadi, Kamis, (8/10/2020) yang berlangsung ricuh. IDN Times/Fitria Madia

Sebelumnya suasana di Grahadi sempat memanas. Tanpa alasan jelas, massa melempari Grahadi dengan botol, batu, dan lainnya. Beberapa ledakan petasan juga terdengar di tengah massa. Hingga akhirnya massa menjebol gerbang Grahadi.

Saat ini orasi masih berlangsung dengan kondusif. Hanya terlihat ada kepulan asap yang diduga dari pembakaran sampah dari arah belakang massa. Sedangkan rombongan massa buruh hingga saat ini masih berada di perjalanan dan melaksanakan orasi di Bundaran Waru.

Baca Juga: Demo Omnibus Law di Grahadi Ricuh, Jebol Pagar Sampai Lempar Petasan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya