Sempat Pergi, Kini Mobil PCR BNPB Kembali Lagi ke Kota Surabaya

Tak lagi layanani rapid test, langsung swab PCR

Surabaya, IDN Times - Setelah sempat meninggalkan Kota Surabaya beberapa minggu lalu, kini dua unit Mobil Laboratorium PCR milik BNPB akhirnya kembali lagi ke Kota Pahlawan. Kedatangan mobil ini untuk membantu pemeriksaan tes swab massal di berbagai penjuru Surabaya.

1. Mobil BNPB kini hanya layani tes swab PCR

Sempat Pergi, Kini Mobil PCR BNPB Kembali Lagi ke Kota SurabayaSuasana tes swab massal dengan mobil PCR milik BNPB di Kota Surabaya. Dok Humas Pemkot Surabaya

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjelaskan dua unit Mobil Laboratorium PCR milik BNPB sudah datang lagi di Surabaya. Bahkan, setibanya di Surabaya mereka langsung melakukan tes swab di beberapa tempat. Mobil ini tak lagi melakukan rapid test melainkan langsung tes swab karena jumlah reagen yang dimiliki Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya cukup besar.

“Jadi, sekarang (mobil BNPB itu) langsung melakukan tes swab, karena kebetulan reagen kita besar,” ujar Risma di Balai Kota Surabaya, Minggu (27/6).

2. Sehari bisa 500 spesimen

Sempat Pergi, Kini Mobil PCR BNPB Kembali Lagi ke Kota SurabayaIlustrasi tes swab. (IDN Times/Mia Amalia)

Tes swab ini terus dilakukan sembari menyisir kawasan yang terdapat warga berstatus terkonfirmasi COVID-19. Tidak hanya tempat tinggal saja yang dilakukan penyisiran, namun lokasi atau tempat pasien bekerja pun juga demikian. Dalam sehari, dua mobil tersebut bisa memeriksa hingga 500 spesimen.

“Saya memetakan wilayahnya. Termasuk kalau dia bekerja dimana langsung kita cari,” imbuhnya.

3. Risma meminta BNPB agar mobilnya kembali ke Surabaya

Sempat Pergi, Kini Mobil PCR BNPB Kembali Lagi ke Kota SurabayaKepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita saat ditemui di kampanye pencegahan anak stunting, Rabu (18/12). IDN Times/Fitria Madia

Sementara itu, Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya, Febria Rachmanita menambahkan bahwa dua unit mobil PCR milik BNPB itu kembali lagi ke Surabaya lantaran Risma bersurat kepada Kepala BNPB. Dalam suratnya itu, Risma memohon kepada BNPB supaya mobil tersebut dihadirkan lagi ke Surabaya untuk mempercepat penanganan COVID-19 di Surabaya.
 
“Hari ini langsung dioperasikan dua unit mobil tersebut, ada yang melakukan tes di Hotel Asrama haji dan ada pula yang di Gelora Pancasila,” jelasnya.

Baca Juga: Tulungagung Punya Mobil PCR Sendiri, Rapid Test dan Swab Gratis

4. Upaya membelah gunung es COVID-19 di Kota Surabaya

Sempat Pergi, Kini Mobil PCR BNPB Kembali Lagi ke Kota SurabayaMobil laboratorium yang digunakan untuk rapid test dan tes swab massal di terminal Keputih, Sukolilo Kamis (4/6). IDN Times/Radiktya Catur

Feny, sapaan akrab Febria mengatakan bahwa semakin banyak pemeriksaan yang dilakukan, maka semakin banyak pula ditemukan kasus. Dengan begitu, maka pengobatan bisa dilakukan sedini mungkin kepada pasien tersebut dan mencegah ia menularkan ke warga lainnya.

“Tetapi kalau tahunya sudah dalam level yang parah, maka tentu akan lebih susah untuk disembuhkan,” tuturnya.
 
Feny menyebut upaya yang saat ini seperti membelah gunung es. Artinya yang terpenting dari hal ini adalah terus gencar dalam 3 hal, yaitu tracing, tes dan treatmen. Fenomena COVID-19 memang disebut-sebut seperti gunung es yaitu masih banyak kasus yang belum ketahuan.

“Makanya masyarakat tidak perlu takut, dari awal kita tahu bahwa kita akan mencegah kematian,” tegasnya.

Baca Juga: Harap Bersabar, Mobil PCR Tulungagung Sementara Hanya untuk Tracing

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya