Sempat Kabur ke Makam, Pencuri Mobil Akhirnya Diringkus

Ia bawa kabur mobil hasil kenalan di medsos

Surabaya, IDN Times - Usaha seorang laki-laki warga Karangpilang, Yogi Firmansyah untuk membawa kabur mobil milik Nikita akhirnya gagal. Bahkan saat proses penangkapan oleh kepolisian, Yogi sempat melakukan perlawanan hingga berlarian di makam, Senin (9/6).

1. Awal kenalan melalui medsos

Sempat Kabur ke Makam, Pencuri Mobil Akhirnya DiringkusDok. IDN Times/Istimewa

Kasat PJR Polda Jatim, AKBP Bambang S Wibowo melalui Kanit Jatim 3 AKP Lamuji menjelaskan, pencurian mobil tersebut berawal dari perkenalan pelaku dan korban melalui media sosial (medsos). Setelah satu bulan berkenalan, pelaku dan korban akhirnya bertemu di salah satu mal di Surabaya pada Sabtu (8/6).

 

"Keduanya saling berkenalan melalui media sosial dan berbagi nomor Whatsapp (WA), kemudian saling chatting kurang lebih sebulan. Nah pada tanggal 8 Juni 2019, keduanya janjian bertemu di Transmart Rungkut, Surabaya," terang Lamuji.

 

2. Pelaku bawa kabur korban dengan alasan salat

Sempat Kabur ke Makam, Pencuri Mobil Akhirnya DiringkusDok. IDN Times/Istimewa

Saat bertemu, pelaku kemudian mengajak korban untuk makan malam dan berpindah mal ke Delta Plaza Surabaya. Mobil milik Nikita pun dikemudikan pelaku. Namun saat korban memesan makanan, pelaku meninggalkan korban dengan alasan ibadah.

"Saat Nikita (korban pesan makanan), pelaku pamit untuk salat Isya. Tapi pelaku langsung kabur membawa mobil korban itu," lanjutnya.

3. Korban melapor ke polisi

Sempat Kabur ke Makam, Pencuri Mobil Akhirnya DiringkusDok. IDN Times/Istimewa

Setelah pelaku lama tak kembali, korban mulai curiga dan mencoba mencari pelaku ke parkiran mobil. Ia terkejut mendapati mobilnya tidak ada. Setelah itu korban mencoba menghubungi pelaku tapi tidak berhasil, sehingga korban melapor ke polisi. Mendapat laporan korban, sejumlah polisi disiagakan di sejumlah jalur yang dimungkinkan bakal dilalui sang pelaku.

 

"Sekitar pukul 08.00 WIB hari ini, pelaku mengarahkan mobil itu ke Krian, Sidoarjo. Anggota yang sedang berpatroli langsung menghentikan laju mobil tersebut dan menangkap pelaku," terangnya.

 

4. Pelaku sempat kabur ke makam

Sempat Kabur ke Makam, Pencuri Mobil Akhirnya DiringkusDok. IDN Times/Istimewa

Penangkapan itu berawal dari warga yang mengenali nomor polisi mobil hilang itu. Warga tersebut pun melapor ke salah satu stasiun radio yang didengarkan oleh pihak kepolisian. Usai mendapat kabar tersebut polisi pun melakukan pengejaran dan mengepung pelaku. Namun meski terkepung, pelaku mencoba melarikan diri dengan turun dari mobil dan lari ke area makam. Tapi akhirnya polisi akhirnya berhasil menangkap pelaku.

 

"Pelaku berhasil kami tangkap setelah sempat terjadi kejar-kejaran karena pelaku mencoba kabur ke makam. Selanjutnya pelaku dan barang bukti kami serahkan ke Polsek Taman untuk pengembangan lebih lanjut," tutupnya.

 

Baca Juga: Ini 5 Cara Cegah Pencurian Koper Saat Traveling!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya