Selidiki Jalan Ambles di Jember, Polda Jatim Kirim Tim Identifikasi

Ada apa sebenarnya di balik robohnya ruko-ruko itu?

Surabaya, IDN Times - Kasus robohnya rumah toko hingga amblesnya jalan di Jember akan segera diselidiki oleh pihak kepolisian. Senin (2/3), Ditreskrimsus Polda Jatim sudah mengirimkan satu tim untuk menelusuri penyebab robohnya ruko-ruko tersebut.

1. Polda kirim tim untuk identifikasi

Selidiki Jalan Ambles di Jember, Polda Jatim Kirim Tim IdentifikasiDirreskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan saat wawancara kasus MeMiles di Mapolda, Rabu (15/1).

Direskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Gidion Arif Setyawan menjelaskan, ia sudah mengirimkan satu timnya pada Senin (2/3) pagi. Mereka akan bekerja sama dengan Polres Jember untuk menilai kondisi ambruknya ruko dan amblesnya jalan.

"Kalau Jember ini kita lihat, saya turunkan satu tim. Nanti bekerja sama dengan Polres setempat untuk assessment terhadap kondisi fisiknya," ujar Gidion saat ditemui di kantornya, Senin (2/3).

2. Selidiki lebih dalam tentang robohnya ruko

Selidiki Jalan Ambles di Jember, Polda Jatim Kirim Tim IdentifikasiEkskavator diturunkan untuk membersihkan material ruko yang amblas di Jember, Senin (2/3). IDN Times/M. Ulil Albab

Amblesnya jalan yang merupakan aset negara hingga mengganggu kenyamanan masyarakat bisa saja mengandung unsur kelalaian hingga tindak pidana seperti yang terjadi di Jalan Raya Gubeng pada akhir 2018 lalu. Namun pihak Polda Jatim belum menyimpulkan apakah adanya kecurigaan ke sana. Gidion akan mencari tahu apa yang terjadi di balik peristiwa tersebut.

"Nah itu kemungkinan apakah di dalamnya ada informasi pengeroposan di dalam atau ada bangunan lain yang berdampak ke situ. Nanti kita lihat," jelasnya.

Baca Juga: [FOTO] Longsor Akibatkan 10 Ruko Ambles di Sempadan Sungai Jember

3. Sebanayak 10 ruko ambruk hingga ambleskan jalan

Selidiki Jalan Ambles di Jember, Polda Jatim Kirim Tim IdentifikasiBangunan ruko yang amblas di Jember. IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Sebagai informasi, 10 bangunan rumah toko (ruko) yang terletak di tepi Sungai Jompo, Jalan Sultan Agung, Jember mendadak ambles, Senin subuh (2/3). Robohnya ruko tersebut diperkirakan akibat hujan yang terus mengguyur sejak Minggu sore hingga malam (1/3). Hujan deras itu menyebabkan debit Sungai Jompo yang terletak tepat di bawah ruko naik.

"Ini yang terbawa ambles longsor ruko yang sudah tidak ditempati. Dulunya jadi salon, toko obat, elektronik," kata Toyamin, warga sekitar saat ditemui di lokasi kejadian.

Baca Juga: 10 Ruko di Tepi Sungai Jompo Jember Amblas, Jalan Sultan Agung Ditutup

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya