Selamatkan Diri Saat Kebakaran Toko, Warga Loncat dari Lantai 3

Beruntung ia selamat dan api bisa segera padam

Surabaya, IDN Times - Kebakaran terjadi di sebuah bangunan rumah toko (ruko), kawasan Pasar Sore Jalan Manukan Tama, Surabaya, Senin (20/7/2020). Dalam kebakaran ini seorang warga berusaha menyelamatkan diri dengan terjun dari lantai 3 bangunan.

1. Warga loncat dari lantai 3 untuk evakuasi diri

Selamatkan Diri Saat Kebakaran Toko, Warga Loncat dari Lantai 3Ilustrasi Kebakaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Kebakaran ini diketahui terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Api hitam mengepul hasil dari bahan bangunan yang terbakar. Sontak warga sekitar pun mengerumuni lokasi kejadian. Pasalnya, bangunan yang terbakar terletak di kawasan pasar toko baju dengan bangunan yang berimpitan.

Sebelum petugas Dinas Pemadam Kebakaran tiba, beberapa warga yang terjebak di dalam bangunan berusaha menyelamatkan diri. Salah seorang warga, Ayik (55) turun dari lantai tiga menggunakan tali tampar.

"Saya gak tahu apa-apa tiba-tiba api sudah besar," ujar Ayik.

2. Penyebab kebakaran belum diketahui

Selamatkan Diri Saat Kebakaran Toko, Warga Loncat dari Lantai 3Ilustrasi Kebakaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Berdasarkan penuturan warga, di depan toko bangunan Hadi Jaya tersebut terdapat tempat untuk pengelasan. Ayik dan warga lainnya pun menduga api berasal dari sana. Namun tidak ada yang mengetahui pasti asal api. Yang jelas bagian depan bangunan sudah hangus dilalap api.

"Saya waktu itu mau mandi, mau sholat. Loh asap apa ini. Mau turun kok gak kuat asepnya. Akhirnya loncat," tutur Ayik.

Petugas pemadam kebakaran pun tiba beberapa menit setelah menerima laporan warga. Berdasarkan pantauan lapangan, setidaknya ada 15 unit mobil pemadam kebakaran dan 2 unit walang kadung. Api pun bisa segera dipadamkan sehingga tidak merembet ke pertokoan lainnya.

Baca Juga: Kebakaran Pasar Baru Tuban Tak Memengaruhi Harga Kebutuhan Pokok

3. Dua warga luka-luka

Selamatkan Diri Saat Kebakaran Toko, Warga Loncat dari Lantai 3Korban kebakaran di Jalan Manukan Tama, Surabaya, Senin (20/7/2020). IDN Times/Fitria Madia

Dari kebakaran ini, setidaknya dua warga terluka. Ayik mengalami luka yang cukup dalam di tangan kirinya saat proses evakuasi diri dan sempat terjatuh di atap pertokoan lain. Sementara seorang warga lain mengalami luka di bagian kaki akibat terkena besi.

"Besok tolong dibawa ke Puskesmas ya ini lukanya. Minta dikontrol," pesan seorang petugas Dinas Kesehatan kepada Ayik.

 

Baca Juga: Satu Kamar Aman dari Kebakaran, Ditemukan Tiga Al-Quran di Dalamnya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya