Selamat! Bantuan Uang Tunai untuk Ojol dari Pemprov Sudah Cair

Buah dari demonstrasi berbulan-bulan

Surabaya, IDN Times - Ribuan pengemudi ojek online bersuka ria lantaran mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Ini merupakan buah dari aksi demonstrasi yang mereka lakukan selama berjilid-jilid selama 3 bulan berjudul Front Tolak Aplikator Nakal (Frontal).

1. Bantuan uang tunai untuk ojol cair

Selamat! Bantuan Uang Tunai untuk Ojol dari Pemprov Sudah CairIlustarsi Ojek Online (IDN Times/Mardya Shakti)

Penanggung jawab FRONTAL Jilid 2, Tito Ahmad menjelaskan, mereka mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp400 ribu yang disalurkan melalui 4 organisasi ojol yaitu DPP HIPDA (Himpunan Pengusaha Daring) Indonesia, PDOI (Perhimpunan Driver Online Indonesia) Jawa Timur, ADO (Asosiasi Driver Online) Jawa Timur, dan PAS (Perkumpulan Armada Sewa) Indonesia.

Bantuan ini diberikan pada ojol dan taksol yang sudah terdaftar serta mengisi link untuk pendataan pasca aksi demo damai FRONTAL Jilid 2 pada September 2020 lalu. Bantuan tersebut pun mulai bisa dicairkan sejak Sabtu (19/12/2020).

"Alhamdulillah, setelah berjuang dan menunggu selama 3 bulan, akhirnya tuntutan kami dipenuhi dan cair juga," ujar Tito, Sabtu (19/12/2020).

2. Para pengemudi ojol pun bersyukur

Selamat! Bantuan Uang Tunai untuk Ojol dari Pemprov Sudah CairIlustrasi Ojek Online (IDN Times/Sukma Shakti)

Ojol yang mendapatkan bantuan ini pun amat bersyukur. Salah satunya, Adi Ambarwanto (39), ojol asal Kedung Tarukan sumringah setelah menerima amplop berisikan yang tunai sebesar Rp400 ribu itu. Ayah 1 anak ini bekerja fulltime sebagai ojol. Selama masa pandemi, pendapatannya menurun drastis.

"Sehari dapat Rp. 100 ribu saja, sekarang ini jarang sekali. Sehari, malah pernah, saya tidak dapat orderan sama sekali," tutur pria yang sudah menjadi ojol sejak tahun 2018 ini.

Baca Juga: Viral Driver Ojol Dapat Orderan dari Rossa, Isi Chatnya Kocak Banget

3. Digunakan untuk keperluan sehari-hari

Selamat! Bantuan Uang Tunai untuk Ojol dari Pemprov Sudah CairIlustrasi Ojek Online (IDN Times/Sukma Shakti)

Ojol perempuan juga tak luput dari bantuan ini. Aji Pertiwi (37) mengungkapkan rasa bersyukurnya atas bantuan tersebut. Ibu dua anak tersebut pun akan mengalokasikan dana bantuan untuk mencukupi keperluan sehari-hari karena sempat kesulitan akibat sepinya orderab.

"Pasca aksi demo FRONTAL Jilid 2, saya dapat kiriman link lalu saya isi. Alhamdulillah, cair juga," ungkapnya.

Humas FRONTAL Jilid 2 Daniel Lukas Rorong menambahkan, 4100 ojol penerima bantuan ini berasal dari berbagai daerah di Jatim mulai Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Malang, Jember, Banyuwangi, Jombang, Mojokerto, Tuban dan lainnya.

"Untuk pelaksanaan pencairan bantuan sendiri berjalan lancar dan mematuhi protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker, penyediaan cairan hand sanitizer dan jaga jarak," tutupnya.

Baca Juga: Viral Driver Ojol Bela-belain Kembalikan Uang Pelanggan, Salut Banget

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya