Selama Pandemik, 215.869 Tes Swab Gratis Sudah Dilakukan di Surabaya 

Sebagai upaya penanganan COVID-19

Surabaya, IDN Times - Pandemik COVID-19 menjadi topik utama dalam debat terbuka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Surabaya pada Rabu (4/11/2020) lalu. Penanganan COVID-19 oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya pun dinilai tidak maksimal. Pemkot Surabaya pun membantah dengan menunjukkan data masifnya tes yang dilakukan serta kasus yang sudah menurun.

1. Pemkot Surabaya telah periksa 215.869 spesimen COVID-19

Selama Pandemik, 215.869 Tes Swab Gratis Sudah Dilakukan di Surabaya Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara. IDN Times/Dok. Istimewa

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara mengatakan, hingga saat ini Pemkot Surabaya telah melakukan tes swab PCR secara masif kepada warganya, baik kepada sasaran tertentu seperti guru, pekerja salon, dan ibu hamil; serta tes massal dadakan di berbagai titik. Hasilnya, telah ada 215.869 spesimen yang diuji oleh Pemkot Surabaya sepanjang pandemik.

"Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya tetap melakukan tes swab secara masif di berbagai titik lokasi. Berdasarkan data terbaru, Kamis (5/11/2020), pemkot telah melakukan pemeriksaan sebanyak 215.869 spesimen yang diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun kepada warga Surabaya," ujar Febri, Jumat (6/11/2020).

2. Swab Hunter dibentuk

Selama Pandemik, 215.869 Tes Swab Gratis Sudah Dilakukan di Surabaya Ilustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Selain itu, dengan adanya Labkesda Kota Surabaya yang berkemampuan memeriksa hingga 3.000 spesimen per hari, Pemkot Surabaya kini membentuk Tim Swab Hunter. Tim gabungan ini bertugas untuk memburu para pelanggar protokol kesehatan dan langsung melakukan tes swab PCR di tempat saat itu juga.

“Apalagi Swab Hunter ini setiap hari bergerak di seluruh kecamatan dan menyasar kepada orang-orang yang melanggar protokol kesehatan,” tuturnya.

Baca Juga: Cegah COVID-19 Usai Libur Panjang, Swab Hunter Bergerilya di Surabaya

3. Swab Hunter jaring 3.000 orang dalam sebulan

Selama Pandemik, 215.869 Tes Swab Gratis Sudah Dilakukan di Surabaya Ilustrasi corona. IDN Times/Arief Rahmat

Dari sebulan terbentuknya Swab Hunter, total telah ada sekitar 3.000 warga yang dites swab. Itu berarti, rata-rata sehari ada 100 orang warga yang terjaring dan dites swab langsung. Kebanyakan warga yang dites hasilnya negatif COVID-19.

"Paling banyak pagi hari ya, sehari bisa 40 sampai 50 orang yang melanggar protokol kesehatan dan dilakukan tes swab,” ungkapnya.

4. Kasus aktif tinggal 75 orang

Selama Pandemik, 215.869 Tes Swab Gratis Sudah Dilakukan di Surabaya Ilustrasi corona (IDN Times/Mardya Shakti)

Hingga kini, berdasarkan situs resmi Surabaya Tanggap COVID-19 yang diakses pada Jumat (6/11/2020), tersisa 75 kasus aktif terkonfirmasi COVID-19. Jumlah ini bisa dibilang rendah dari tren Kota Surabaya sebelumnya yang bisa mencapai ratusan kasus aktif dalam sehari.

"Alhamdhulillah kasus aktifnya tinggal 75 orang. Semoga virus ini segera hilang dari Kota Surabaya,” harap Febri.

Selama Pandemik, 215.869 Tes Swab Gratis Sudah Dilakukan di Surabaya Infografis Gerakan 3M (IDN Times/Ryann Rezza Ardiansyah)

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir.  Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus.  Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Tim Swab Hunter Sasar Perbatasan Surabaya, 625 Orang Dites Massal

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya