Sebentar Lagi Siswa SD di Surabaya akan Uji Coba Sekolah Tatap Muka

Harus selalu diingatkan protokol kesehatannya, nih!

Surabaya, IDN Times - Saat ini proses uji coba pembelajaran tatap muka untuk murid kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Surabaya sudah memasuki pekan kedua. Sebentar lagi, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya juga merencanakan akan melakukan uji coba pembelajaran tatap muka bagi murid kelas VI Sekolah Dasar (SD).

1. Pemkot Surabaya berencana uji coba pembelajaran tatap muka tingkat SD

Sebentar Lagi Siswa SD di Surabaya akan Uji Coba Sekolah Tatap MukaIlustrasi aktivitas di sekolah. IDN Times/Feny Maulia Agustin

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara mengatakan bahwa uji coba yang dilakukan kepada siswa SMP berjalan lancar. Oleh karena itu, mereka ingin melakukan hal serupa kepada siswa kelas VI SD. Pasalnya, siswa kelas VI SD pun dirasa membutuhkan pembelajaran tatap muka jelang kelulusannya. Apalagi pemerintah pusat sudah mewacanakan sekolah tatap muka kembali digelar pada Januari 2021.

"Bu Wali (Tri Rismaharini) menyampaikan kalau akan ada simulasi pembelajaran tatap muka bagi murid SD sebelum mereka benar-benar kembali masuk ke sekolah,"  ujarnya saat dihubungi IDN Times, Selasa (15/12/2020).

2. Sekolah diminta menyiapkan protokol kesehatan

Sebentar Lagi Siswa SD di Surabaya akan Uji Coba Sekolah Tatap MukaIlustrasi Sekolah. IDN Times/Galih Persiana

Untuk itu, Febri melanjutkan, saat ini Dinas Pendidikan sudah mulai mendata sekolah-sekolah mana saja yang siap melaksanakan pembelajaran tatap muka bersama murid-muridnya. Sekolah-sekolah ini tentunya harus bisa mengaplikasikan protokol kesehatan dengan baik agar tidak terjadi penularan COVID-19 jika pembelajaran tatap muka berlangsung.

"Prosedurnya sama seperti saat kita akan melakukan simulasi pembelarajan tatap muka untuk siswa SMP," lanjutnya.

Baca Juga: Sekolah Segera Tatap Muka Lagi, Guru dan Siswa SMP Surabaya Wajib Swab

3. Ditargetkan pada akhir Desember

Sebentar Lagi Siswa SD di Surabaya akan Uji Coba Sekolah Tatap MukaKepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara. IDN Times/Dok. Istimewa

Febri menyampaikan bahwa target uji coba pembelajaran tatap muka ini akan berlangsung pada akhir Desember 2020. Saat ini pihaknya masih menyiapkan berbaga hal, termasuk izin wali murid, serta kesiapan sekolah. Pasalnya, mengatur siswa SD untuk mematuhi protokol kesehatan akan lebih menantang dibanding siswa SMP.

"Kami akan persiapkan dengan sebaik-baiknya, karena ini untuk kebaikan kita bersama," ungkapnya.

4. Uji coba pembelajaran tatap muka tingkat SMP diklaim lancar

Sebentar Lagi Siswa SD di Surabaya akan Uji Coba Sekolah Tatap MukaIlustrasi (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Sebelumnya, uji coba pembelajaran tatap muka bagi siswa SMP di Kota Surabaya sudah berjalan sejak Senin (7/12/2020). Sebanyak 14 sekolah baik negeri dan swasta mengikuti uji coba ini. Harapannya, simulasi di tingkat SD dapat berjalan lancar seperti yang terjadi di tingkat SMP.

"Alhamdulillah tidak ada kendala uji coba di tingkat SMP. Semoga nanti juga tidak ada kendala di SD," tutup Febri.

Baca Juga: Siap-siap, 14 SMP di Surabaya Mulai Belajar Tatap Muka Bersama Siswa

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya