Satu Cakada Positif COVID-19 Daftar di KPU Kabupaten Sidoarjo

Ia sudah berstatus positif sejak mendaftar di KPU

Sidoarjo, IDN Times - Salah satu calon kepala daerah yang terpapar COVID-19 diketahui berasal dari Kabupaten Sidoarjo. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Ketua KPU Sidoarjo M Iskak. Calon kepala daerah ini lah yang sempat mendatangi KPU meski dirinya sudah mengetahui terkonfirmasi positif COVID-19.

1. Calon sudah berstatus positif COVID-19 sejak mendaftar di KPU

Satu Cakada Positif COVID-19 Daftar di KPU Kabupaten SidoarjoIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Iskak menjelaskan, calon ini mendaftarkan diri di KPU Sidoarjo pada Jumat (4/9/2020). Ketika mendaftar, pihak KPU masih belum mengetahui bahwa ia positif COVID-19 sehingga calon tersebut sempat memasuki kantor KPU selama beberapa saat.

"Kan kami gak langsung buka dokumen semuanya. Masih proses. Lalu saat diperiksa, ternyata hasil tes swab PCR-nya positif. Kemudian kami minta tolong kepada Partai Politik untuk meminta yang bersangkutan meninggalkan KPU," ujar Iskak saat dihubungi IDN Times, Selasa (8/9/2020).

2. Tes swab PCR kedua tetap positif COVID-19

Satu Cakada Positif COVID-19 Daftar di KPU Kabupaten SidoarjoIlustrasi Tes Usap/PCR Test. IDN Times/Hana Adi Perdana

Calon kepala daerah ini pun sempat mengikuti tes swab PCR di RSUD Dr Soetomo bersama dengan pasangan calon lainnya dari 6 daerah di Jatim pada Senin (7/9/2020). Kemudian dari hasil tes swab kedua tersebut, diketahui bahwa calon ini masih berstatus positif COVID-19.

"Sekitar jam 12 malam kemarin sudah kami terima. Hasilnya positif COVID-19," tuturnya.

Baca Juga: Satu Cakada di Jatim Positif COVID-19, Datang ke KPU Saat Daftar

3. Calon lainnya negatif COVID-19

Satu Cakada Positif COVID-19 Daftar di KPU Kabupaten SidoarjoIlustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Iskak kemudian mengatakan bahwa calon lainnya berstatus negatif COVID-19. Sehingga, COVID-19 belum sempat menular kepada orang lain, termasuk pasangannya sendiri. Sementara empat calon atau dua pasangan lainnya juga negatif COVID-19.

"Yang lainnya alhamdulillah negatif," sebutnya.

Tiga pasangan calon kepala daerah di Sidoarjo yaitu Bambang Haryo Soekartono-Taufiqulbar dan Kelana Aprilianto-Dwi Astutik yang mendaftar di KPU Sidoarjo pada Jumat (4/9/2020), serta Ahmad Muhdlor Ali-Subandi yang mendaftar pada Minggu (6/9/2020).

4. Koordinasi dengan Gugus Tugas Kabupaten Sidoarjo

Satu Cakada Positif COVID-19 Daftar di KPU Kabupaten Sidoarjoilustrasi Pilkada serentak 2020. IDN Times/ istimewa

Sementara itu, Iskak sudah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Kabupaten Sidoarjo untuk tindak lanjut mengenai temuan ini. Sebagai pencegahan pertama, Iskak mengatakan bahwa pihaknya sudah mensterilikan area KPU dan pendaftaran.

"Kami selalu berusaha menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19. Saat ini masih koordinasi dengan gugus tugas apa perlu tes swab semua atau bagaimana," pungkasnya.

Baca Juga: Setelah Tes Swab Ulang, Satu Lagi Cakada di Jatim Positif COVID-19

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya