Rel KA Diperbaiki, Putaran di Bawah Jembatan Mayangkara Ditutup

Perbaikan memakan waktu 10 hari

Surabaya, IDN Times - Warga Kota Surabaya untuk sementara waktu tidak akan bisa melewati putaran di bawah Jembatan Mayangkara Jalan Wonokromo, Surabaya. Pasalnya, akan ada penutupan jalan guna memperbaiki rel kereta api yang terletak di jalan tersebut.

1. Lintasan rel kereta api di Wonokromo diperbaiki

Rel KA Diperbaiki, Putaran di Bawah Jembatan Mayangkara DitutupPutaran di bawah Jembatan Mayangkara, Surabaya yang akan ditutup selama 10 hari. Dok. Humas Daop 8 Surabaya

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto menjelaskan, perbaikan rel kereta api ini akan dilakukan pada tanggal 4 sampai 14 Juli 2020. Rel yang akan diperbaiki adalah pelintasan Jalan Stasiun Wonokromo dengan panjang 55 meter.

"Dengan adanya pekerjaan perbaikan perlintasan jalur rel KA di Jalan Stasiun Wonokromo ini, maka terhitung mulai tanggal 4 Juli sampai dengan 14 Juli 2020, untuk sementara Jalan putaran di taman Mayangkara tidak bisa dilewati semua kendaraan bermotor," jelas Suprapto, Rabu (1/7).

2. Disiapkan alternatif saat tidak bisa melewati bawah Jembatan Mayangkara

Rel KA Diperbaiki, Putaran di Bawah Jembatan Mayangkara DitutupRel kereta api di Jalan Wonokromo. Dok. Humas Daop 8 Surabaya

Sebagai alternatif bagi pengguna jalan raya, pihak PT KAI sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Surabaya yang akan mengarahkan para pengguna jalan raya ke jalur alternatif. Bagi pengendara arah Joyoboyo maupun Wonokromo yang akan putar balik, bisa melewati frontage RSAL dan putar balik di traffic light A. Yani Margorejo.

“Kami dari pihak PT KAI Daop 8 Surabaya mohon maaf yang sebesar-besarnya akan ketidaknyamanan bagi para pengguna jalan raya yang melintas di sekitar area proyek pekerjaan perbaikan perlintasan jalan KA di jalan Stasiun Wonokromo. Pekerjaan perbaikan ini dilakukan guna menjamin keselamatan perjalanan KA dan para pengguna jalan raya yang melintas," tuturnya.

Baca Juga: Sempat Terhenti, Pembangunan Jembatan Joyoboyo Kembali Dilanjutkan

3. Berbagai komponen rel diperbaiki

Rel KA Diperbaiki, Putaran di Bawah Jembatan Mayangkara DitutupRel kereta api di Jalan Wonokromo. Dok. Humas Daop 8 Surabaya

Perbaikan ini meliputi pekerjaan pengantian blok rel sepanjang 30 meter. Sementara masih ada 25 meter bisa dilintasi pengguna jalan raya. Selain itu ada pula perbaikan balok bantalan rel dan pengaspalan jalan raya yang melintas di atasnya. Sebanyak 30 personel pekerja unit jalan rel PT KAI Daop 8 Surabaya dilibatkan guna perbaikan jalur rel tersebut selama 10 hari.

"Selama pekerjaan perbaikan, para petugas dari unit jalan rel PT KAI Daop 8 Surabaya akan tetap mematuhi protokol pencegahan COVID-19 yang sudah ditentukan, salah satunya akan mengunakan masker selama pekerjaan perbaikan berlangsung," ungkapnya.

4. Perbaikan rel tidak akan mengganggu perjalanan kereta

Rel KA Diperbaiki, Putaran di Bawah Jembatan Mayangkara DitutupRel kereta api di Jalan Wonokromo. Dok. Humas Daop 8 Surabaya

Meski relnya diperbaiki, Suprapto mengatakan bahwa pekerjaan jalur rel pada perlintasan di Jalan Stasiun Wonokromo ini tidak akan menggangu 13 perjalanan KA yang melintas di wilayah ini. Pekerjaan perbaikan total akan dilakukan ketika di waktu tidak ada kereta api yang melintas atau window time.

"Selama pekerjaan berlangsung, kecepatan kereta api akan dikurangi dari sebelumnya 100 km/jam menjadi 20 km/jam," pungkasnya.

Baca Juga: Empat Kereta Api Daop 9 Jember Kembali Beroperasi Mulai Besok

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya