Raih Adipura Kencana, Risma Juga Borong Dua Penghargaan Lingkungan

Selamat untuk Surabaya!

Jakarta, IDN Times - Kota Surabaya menerima 3 perhargaan bergengsi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Ketiga penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan Menteri LHK, Siti Nurbaya kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Senin (14/1).

 

1. Surabaya satu-satunya menerima Adipura Kencana

Raih Adipura Kencana, Risma Juga Borong Dua Penghargaan LingkunganDok.IDN Times/Istimewa

 

Penghargaan pertama yang diterima Risma adalah Adipura Kencana yang diberikan satu-satunya untuk Kota Surabaya. Penghargaan ini ditujukan pada kota yang memiliki kepedulian lingkungan yang tinggi terutama pada pengelolaan sampah dan good environtmental governance serta keberlanjutannya.

"Untuk itu, anugerah ini hanya diberikan kepada satu kota penerima Adipura Kencana, yaitu  Kota Surabaya.  Kota ini sudah mendapat pengakuan  dari  UNEP (United Nations Environment Programme),  termasuk inovasi berupa tiket bus dengan menggunakan botol plastik, dan di dunia ini baru ada di Surabaya, Beijing, dan Turki," ujar Siti melalui siaran pers.

2. Penghargaan kedua adalah Kinerja Pengurangan Sampah 2018

Raih Adipura Kencana, Risma Juga Borong Dua Penghargaan LingkunganDok.IDN Times/Istimewa

 

Penghargaan kedua yaitu Kinerja Pengurangan Sampah 2018 yang juga diterima oleh 10 kota lain di Indonesia. Anugerah ini merupakan penghargaan yang baru diberikan tahun 2018. Penghargaan ini diberikan kepada kota-kota yang mempunyai inovasi penting dalam pengurangan sampah, terutama melalui implementasi pembatasan kantong plastik sekali pakai serta meningkatkan daur ulang plastik melalui TPS 3R dan bank sampah.
 
“Inovasi dari kota yang membatasi penggunaan kantong plastik ini mendapatkan penghargaan inovasi pengurangan sampah. Saat ini, 11 kota mendapatkan Penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah 2018, termasuk Surabaya,” tutur Siti.

Baca Juga: Fikri, Pengamen Berusia 7 Tahun yang Jadi 'Anak' Wali Kota Risma

3. Risma meraih penghargaan Nirwasita Tantra

Raih Adipura Kencana, Risma Juga Borong Dua Penghargaan LingkunganDok.IDN Times/Istimewa

 

Penghargaan ketiga yang ditujukan pada Risma yaitu Penghargaan Nirwasita Tantra atau Green Leadership Award. Penghargaan ini merupakan penghargaan bagi pemerintah pusat kepada kepala daerah di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, dan Pimpinan DPRD yang peduli terhadap lingkungan melalui program-program yang dikelola dalam wewenangnya masing-masing.

"Penghargaan bagi kepala daerah diberikan atas kepemimpinan pemahaman dan aktualisasi dalam fungsi politik eksekutifnya terhadap isu-isu lingkungan, respon kebijakan serta inovasi dan kepemimpinannya dalam merespon persoalan lingkungan hidup," imbuh Siti.

4. Jusuf Kalla apresiasi Risma

Raih Adipura Kencana, Risma Juga Borong Dua Penghargaan LingkunganDok.IDN Times/Istimewa

Dalam acara Penganugerahan Adipura dan Green Leadership Kepala Daerah dan Pimpinan DPRD tersebut, Jusuf Kalla juga turut mengapresiasi kinerja Risma dalam bidang lingkungan.

"Kita apresiasi Bu Risma yang dapat banyak penghargaan karena kinerjanya. Kakinya sakit terkilir, tapi tetap inspeksi kotanya tetap bersih, sehingga layak dapat penghargaan ini," ujarnya.

Risma pun dengan berjalan tertatih meninggalkan kursi rodanya menuju panggung terlihat amat bangga. Tanpa kata yang terucap, Risma menerima tiap penghargaan tersebut dengan tersenyum lebar.

Baca Juga: Pilwali, Kandidat yang Didukung Risma Bisa Dapat Bonus 9 persen Suara

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya