PSI Sudah Coret Gunawan dari Penjaringan Bacawali Surabaya

Jadi Gunawan tak perlu mengundurkan diri

Surabaya, IDN Times – DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Surabaya menegaskan sudah mencoret nama Gunawan dari penjaringan bakal calon wali kota Surabaya atau yang disebut konvensi PSI. Gunawan dianggap tidak bisa menentukan pilihan lantaran mendaftar di konvensi PSI, namun juga melalui jalur perseorangan. PSI tak ingin dijadikan 'ban serep' oleh Gunawan.

1. Gunawan sudah dicoret sejak tanggal 21

PSI Sudah Coret Gunawan dari Penjaringan Bacawali SurabayaYasin-Gunawan saat mendaftar ke KPU Surabaya, Minggu (23/2). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Direktorat Hukum DPD PSI Surabaya Erick Komala. Ia, nama Gunawan sudah dicoret dari peserta konvensi melalui SK Panitia Konvensi DPP PSI nomor 088/A/DPP/2020 sejak tanggal 21 Februari 2020. Erick sekaligus menyikapi pernyataan Gunawan yang akan mengundurkan diri dari konvensi PSI. Padahal, ia sebenarnya sudah dicoret terlebih dahulu.

“Kami sudah memberitahukan (pencoretan) kepada yang bersangkutan (Gunawan). Suratnya juga sudah diterima. Jadi Bro Gunawan gak bisa mengundurkan diri karena sudah dicoret,” ujar Erick saat dihubungi IDN Times, Selasa (25/2).

2. Gunawan dianggap tak tegas memilih jalur partai atau independen

PSI Sudah Coret Gunawan dari Penjaringan Bacawali SurabayaYasin-Gunawan saat mendaftar ke KPU Surabaya, Minggu (23/2). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Erick mengatakan, selama ini Gunawan memang belum pernah memberikan pernyataan resmi kepada DPD PSI Surabaya terkait pencalonannya melalui jalur independen meski namanya masih tercantum sebagai peserta konvensi. Pihak partai pun mengetahui kabar tersebut melalui pemberitaan di media massa. Ia pun menyayangkan sikap Gunawan yang tidak bisa tegas memilih salah satu jalan.

“Sempat bilang kalau tidak bisa lolos melalui perseorangan baru mau lewat partai. Ya gak bisa gitu dong, seakan-akan partai dijadikan cadangan,” tegasnya.

Baca Juga: Yasin-Gunawan Lengkapi Silon Pilwali Surabaya Jalur Independen

3. Waktu pengumuman hasil konvensi semakin dekat

PSI Sudah Coret Gunawan dari Penjaringan Bacawali SurabayaIlustrasi Pilwali Surabaya. IDN Times/Sukma Shakti

Selain itu, waktu penentuan hasil konvensi semakin dekat. Erick menyebut nama tokoh yang diusung oieh PSI maupun koalisi yang diikuti oleh PSI rencananya akan diumumkan bulan depan. Melihat Gunawan semakin serius dalam pendafatarannya melalui jalur independen, maka diputuskan namanya dicoret dari daftar peserta konvensi PSI.

“Pasa prinsipnya kami menghargai dan mengapresiasi perjuangan Bro Gunawan, akan tetapi apa yang disampaikan kurang tepat, karena untuk soft copy keputusan tesebut sudah diterima oleh Gunawan melalui WA pada tanggal 21 Februari 2020,” ungkapnya.

4. Pengumuman masih tunggu DPP PSI

PSI Sudah Coret Gunawan dari Penjaringan Bacawali SurabayaKetua Umum Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie saat memberikan sambutan dalam Pemilu 2019. Dok. IDN Times

Sementara itu, saat ini perkembangan konvensi PSI masih dirahasiakan. Erick belum bisa membocorkan enam nama yang menjadi kandidat bacawali Surabaya. Ia menyerahkan kewenangan sepenuhnya kepada DPP PSI untuk memproses nama-nama yang telah diserahkan.

“Kami sepenuhnya serahkan kepada DPP. Surat keputusan pencoretan Gunawan juga dari DPP. Nanti kita tunggu saja,” pungkasnya.

Baca Juga: Hari Ini, Gunawan Kirim Surat Pengunduran Diri dari Konvensi PSI

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya