Comscore Tracker

Potensi Hujan Deras Guyur Jatim, Surabaya Tak Termasuk

Beberapa daerah sudah berkabut sejak siang hingga sore hari

Surabaya, IDN Times - Hujan deras diprakirakan masih akan mengguyur wilayah Jawa Timur, Jumat (26/11/2021). Namun, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprediksi Kota Surabaya tak termasuk daerah yang diguyur hujan deras jelang akhir pekan ini.

1. Cuaca Jatim diprakirakan berkabut sejak siang hingga sore hari

Potensi Hujan Deras Guyur Jatim, Surabaya Tak TermasukPixabay.com/FabricioMacedoPhotos-328534

Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Teguh Tri Susanto menyebutkan, pagi hari Jatim prakirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir. Sementara siang hingga sore hari, cuaca Jatim diprediksi cerah, berawan, berkabut, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir

"Untuk malam hari diprakirakan cerah, berawan, dan hujan ringan-sedang. Sementara dini hari cerah, berawan, berkabut, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir," ujar Teguh, Jumat (26/11/2021).

Baca Juga: Hujan Diprakirakan Guyur Jatim, Surabaya dari Pagi Sampai Dini Hari

2. Potensi banjir di level waspada

Potensi Hujan Deras Guyur Jatim, Surabaya Tak TermasukIlustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Suhu udara Jatim di beberapa daerah diprediksi lebih rendah dari biasanya yaitu sekitar 13 sampai 34 derajat celcius. Hal ini dikarenakan ada potensi berkabut di siang hingga sore hari. Sementara kelembapan udara ada di anka 65 sampai 100 persen.

"Angin dominan dari barat daya ke selatan dengan kecepatan 05 hingga 30 kilometer perjam. Untuk potensi banjir ada di level waspada," tutur Teguh.

3. Surabaya diprakirakan tidak hujan deras

Potensi Hujan Deras Guyur Jatim, Surabaya Tak TermasukJalan Ahmad Yani, Kota Surabaya dari udara. Dok. Humas Pemkot Surabaya

Lebih lanjut, hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat diprakirakan terjadi pada pagi hari di wilayah Nganjuk, Kab. Malang, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang dan Situbondo. Sementara siang hingga sore hari di wilayah Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Pacitan, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Bangkalan.

"Dini hari di wilayah Pulau Bawean," pungkasnya.

Baca Juga: Demo Fokus di Daerah, Buruh Surabaya Geruduk Balai Kota

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya