Polrestabes Surabaya Sediakan Pemeriksaan Kesehatan di PPK-PPK

Agar tak ada lagi yang tumbang

Surabaya, IDN Times - Banyak korban berjatuhan dalam gelaran pemilihan umum 2019 baik yang berasal dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) maupun aparat kepolisian. Guna mencegah hal ini terjadi lagi, Polrestabes Surabaya menerjunkan layanan pemeriksaan kesehatan keliling.

Baca Juga: Diduga Kelelahan, Seorang Anggota KPPS Asal Tuban Meninggal Dunia

1. Polrestabes sediakan layanan pemeriksaan kesehatan

Polrestabes Surabaya Sediakan Pemeriksaan Kesehatan di PPK-PPKpixabay.com/rawpixel

 

Pemeriksaan kesehatan ini berkeliling ke kecamatan-kecamatan di mana Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tengah melakukan rekapitulasi suara yang dijaga oleh setidaknya 10 aparat kepolisian bersenjata lengkap.

"Termasuk anggota KPU, Bawaslu, dan Linmas yang terlibat. Semua di Surabaya terutama di wilayah Polrestabes Surabaya," ujar Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Polrestabes Surabaya, Kompol Rety Suasmaningsih di Kantor KPU Surabaya, Senin (22/4).

2. Tersedia obat dan suplemen vitamin

Polrestabes Surabaya Sediakan Pemeriksaan Kesehatan di PPK-PPKrd.com

 

Pemeriksaan ini meliputi berbagai macam hal seperti pemeriksaan tekanan darah dan suhu tubuh. Tak hanya memeriksa, Polrestabes Surabaya juga menyediakan obat-obatan serta suplemen vitamin apabila dibutuhkan.

"Ada vitamin dan obat-obatan seperti flu dan tekanan darah tinggi. Kita sudah siap semuanya," lanjut Rety.

3. Kapolda minta polisi jaga kondisi kesehatan

Polrestabes Surabaya Sediakan Pemeriksaan Kesehatan di PPK-PPKIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Rety mengatakan bahwa Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan akhirnya menerjunkan tim ke sehatan berdasarkan instruksi Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan. Luki memiminta jajaran kepolisian dapat menjaga kesehatan agar tak ada lagi yang tumbang akibat kelelahan.

"Pesan dari Kapolrestabes kepada semua petugas agar menjaga kesehatan. Karena mereka kan sudah 5 hari berturut-turut bertugas di lapangan," terangnya.

4. Menambah personel di PPK

Polrestabes Surabaya Sediakan Pemeriksaan Kesehatan di PPK-PPKIDN Times/Toni Kamajaya

 

Selain menerjunkan tim kesehatan, Polrestabes Surabaya juga menambah personel penjagaan di lokasi-lokasi PPK. Awalnya hanya ada 5 petugas yang berjaga. Namun saat ini telah ada 10 orang yang siap siaga di masing-masing PPK.

"Ini juga menyikapi adanya potensi penghitungan suara ulang di Kota Surabaya," pungkasnya.

Baca Juga: Petugas KPPS Meninggal Bertambah Jadi 58 Orang, Ini Penyebabnya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya