Polisi Baik Hati Viral di TikTok, Traktir Ratusan Ojol saat Demo

Kalau gini kan adem lihatnya

Surabaya, IDN Times - Sebuah video demonstrasi pengemudi ojol menjadi viral di media sosial. Diketahui, unjuk rasa tersebut terjadi di Kota Surabaya. Bukan karena kerusuhan, video ini viral lantaran memperlihatkan aksi seorang polisi yang menraktir pedemo. Warganet pun tersentuh dengan tindakan polisi tersebut lantaran biasanya polisi distigma bermusuhan dengan massa aksi, namun polisi ini tidak.

1. Polisi viral di Tik Tok karena mentraktir pendemo

Polisi Baik Hati Viral di TikTok, Traktir Ratusan Ojol saat DemoIlustrasi TikTok (IDN Times/Izza Namira)

Berdasarkan penulusuran IDN Times, video ini pertama kali diunggah di akun TikTok @fajargokil2 pada 15 September 2020. Namun video tersebut baru menjadi viral pada Rabu (7/10/2020). Terpantau telah ada 1,2 juta orang menonton, 51 ribu penyuka, 462 komentar, dan 132 kali dibagikan. Video itu hanya sekilas saja menyorot sosok polisi berpangkat balok tiga dengan nama dada B.Prakoso. Terdengar suara pria menyapa polisi tersebut "Pak terima kasih, Pak," yang kemudian disahut "iya sama-sama."

"Inilah bapak polri yg patut di contoh beliau bner2 mengayomi masyarakat disaat para ojol kpanasan dan klaperan beliau teraktir semua ojol ..mksh pak," tulis pengunggah video itu.

Warganet pun banyak berkomentar positif atas aksi polisi tersebut. Aksi mentraktir para ojol usai demo tersebut membuat mereka terharu. Mereka beramai-ramai memuji tindakan polisi tersebut dan mendoakan kebaikan kepadanya.

2. Ternyata Kapolsek Bubutan

Polisi Baik Hati Viral di TikTok, Traktir Ratusan Ojol saat DemoVideo TikTok Polisi traktir pedemo. TikTok.com

Ternyata sosok polisi viral itu adalah AKP Bambang Prakoso. Ia merupakan Kapolsek Bubutan yang sedang bertugas untuk pengamanan demonstrasi di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan kala itu. Bambang mengaku kaget saat banyak orang yang mengenalnya tiba-tiba mengirimi tangkapan layar video viral tersebut. Ia tak menyangka aksi kecilnya itu menuai respon positif dari masyarakat.

"Iya hari ini banyak yang kirim ke saya. Ini loh viral di Tik Tok. Saya kan gak tahu, gak main Tik Tok," tuturnya ramah saat dihubungi IDN Times, Rabu (7/10/2020).

Bambang yang baru hitungan bulan menjabat ini memang sudah sering mentraktir para pedemo. Baginya, pendemo bukanlah musuh polisi yang harus dikasari atau dibentak saat pengamanan. Pendemo merupakan bagian masyarakat yang sudah seharusnya dilindungi oleh kepolisian.

"Kasihan panas-panas demo pasti haus, capek, juga lapar. Hitung-hitung sedekah ke mereka juga para penjual supaya cepat habis dagangannya bisa cepat pulang ke rumah," ungkapnya.

Baca Juga: Demo Tolak UU Cipta Kerja, Polisi dan Mahasiswa Terlibat Saling Dorong

3. Sudah sering mentraktir pendemo

Polisi Baik Hati Viral di TikTok, Traktir Ratusan Ojol saat DemoIlustrasi TikTok. IDN Times/Arief Rahmat

Setidaknya Bambang sudah tiga kali melakukan aksi mentraktir pendemo. Tiga-tiganya kepada demonstran dari para ojol. Oleh karenanya beberapa orang sudah hafal dengannya dan sempat bercanda menagih traktiran kembali. Biasanya ia membelikan es dawet, bakso, dan buah-buahan. Ia juga sudah berencana untuk melakukan hal serupa para demo puncak penolakan omnibus law pada Kamis (8/10/2020).

"Yang pertama dan kedua itu di OJK. Lalu ketemu lagi di Jalan Pahlawan. Terus mereka tanya, ya sudah saya suruh saja pilih yang mana lalu saya bayarkan," terangnya.

4. Berharap masyarakat paham bahwa banyak polisi baik

Polisi Baik Hati Viral di TikTok, Traktir Ratusan Ojol saat DemoIlustrasi. unsplash.com/Kon Karampelas

Bambang tak mau berterus terang berapa jumlah uang yang ia keluarkan tiap mentraktir pendemo. Baginya sedekah tak perlu dihitung. Satu pesan yang ia harapkan bisa tersampaikan kepada masyarakat adalah banyak polisi yang baik hati. Meski masyarakat kerap memandang sebelah mata profesi polisi, namun Bambang meyakinkan bahwa masih banyak pula polisi yang jujur dan tulus.

"Terima kasih atas semua doa baiknya, semoga kembali ke masing-masing. Saya ini cuma ujung gunung es. Masih banyak lagi polisi lain yang jauh lebih baik hati," pungkasnya.

Baca Juga: Polisi Bongkar Prostitusi Online di Mojokerto, Pelajar Dijual Rp1 Juta

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya