Comscore Tracker

Polda Jatim Sudah Putar Balik 43.665 Kendaran, 21 Pengendara Reaktif

Pengendara reaktif dari sampel acak

Surabaya, IDN Times - Penyekatan perbatasan Jawa Timur masih terus berlanjut hingga Sabtu (15/5/2021). Berdasarkan data sementara, telah ada 43.665 kendaraan yang diputar balik lantaran tak lolos dari penyetakan. Selain itu, 21 pengendara diketahui reaktif COVID-19 dari tes swab rapid antigen yang dilaksanakan secara acak.

1. Sudah 43.665 kendaraan diputar balik

Polda Jatim Sudah Putar Balik 43.665 Kendaran, 21 Pengendara ReaktifKapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta. ANTARA/Firman

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta menyebutkan, selama masa pelarangan mudik yang telah berlangsung selama 10 hari ini, telah ada 215.997 yang diperiksa oleh kepolisian di seluruh pos penyekatan di batas-batas Jatim. Dari ratusan orang itu, 43.665 di antaranya dinyatakan tak lolos dan diminta untuk mengurungkan niatnya berpergian.

"Kami telah melakukan beberapa kegiatan yaitu penyekatan terhadap kendaraan yang hendak melakukan perjalanan luar kota maupun luar provinsi, diantaranya ada 215.997 kendaraan yang telah diperiksa. Dari 215.997 tadi yang sudah diputar balik ada 43.665," ujar Nico, Sabtu (15/5/2021).

2. Ada 21 pengendara reaktif saat dites swab secara acak

Polda Jatim Sudah Putar Balik 43.665 Kendaran, 21 Pengendara ReaktifSuasana penyekatan di perbatasan Surabaya dengan Sidoarjo, tepatnya di depan Mal City of Tomorrow, Kamis (6/5/2021). IDN Times Ardiansyah Fajar

Selain pemeriksaan kendaraan, pihaknya juga melakukan tes swab antigen secara acak kepada para pengemudi sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19. Selama 10 hari pelaksanaannya, telah ada 3.197 pengemudi yang dipilih secara acak dari berbagai daerah untuk dites swab.

"Yang dilakukan swab antigen secara acak, ada 3.197, dan yang sudah dilaksanakan swab secara acak itu ada 21 yang reaktif dan positif. Sehingga dilakukan perawatan," tuturnya.

Baca Juga: Melintas di Bundaran Waru Tak Lagi Dicek, Kapolda: Cek Poin di RW!

3. Pengendara yang akan kembali jangan lupa bawa persyaratan untuk lewati penyekatan

Polda Jatim Sudah Putar Balik 43.665 Kendaran, 21 Pengendara ReaktifSuasana penyekatan di perbatasan Surabaya dengan Sidoarjo, tepatnya di depan Mal City of Tomorrow, Kamis (6/5/2021). IDN Times Ardiansyah Fajar

Selain itu, Nico juga meminta seluruh masyarakat yang akan kembali ke daerah asal untuk melengkapi dirinya dengan surat keterangan bebas COVID-19, surat tugas dari instansi di mana mereka bekerja ataupun perusahaan dan atau surat keterangan dari RT-RW setempat.

"Lalu kami memohon kepada seluruh masyarakat tetap waspada karena di sekitar kita covid masih berada dan tentunya ada juga varian baru yaitu B1617 yang dari India itu perlu kita waspadai, karena sifatnya lebih cepat dan lebih melemahkan kita, sehingga perlu waspada. Sekali lagi saya himbau kepada masyarakat, ayo patuh, jaga diri, jaga keluarga, jaga negara," tutupnya.

Baca Juga: Ratusan Kendaraan Putar Balik, Terjaring Penyekatan di Blitar

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya