Polda Jatim Siapkan 118 ribu Personel Jelang Pemilu 2019

Personel merupakan gabungan dari banyak pihak

Surabaya, IDN Times - Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan semakin gencar merapatkan barisan pengamanan di awal masa kepemimpinannya. Pada Senin (17/9) pagi hari, Luki menggelar rapat koordinasi Mantap Brata Semeru yang turut mengundang Pangdam V Brawijawa, KPU, Bawaslu, dan Forkopimda di Mapolda Jatim. Rapat ini ditujukan untuk menentukan pengamanan jelang Pilpres 2019.

1. Siapkan 118 ribu personel

Polda Jatim Siapkan 118 ribu Personel Jelang Pemilu 2019grandforksherald.com

Luki mengatakan, persiapan jelang Pileg dan Pilpres 2019 merupakan fokus utamanya kali ini. Ia juga menyiapkan pasukan dari saat ini mengingat masa kampanye akan dimulai akhir bulan September nanti. Untuk memastikan Jatim kondusif, Luki menyiapkan 118 ribu personel pengamanan. "Nanti akan dibagi itu. Yang juga melibatkan TNI, Pemda, Linmas nanti dilibatkan semua," ujarnya.

Baca Juga: Jelang Pilpres 2019, Google Tolak Iklan Kampanye Politik

2. Sinkronisasikan semua hal

Polda Jatim Siapkan 118 ribu Personel Jelang Pemilu 2019IDN Times/Fitria Madia

Dalam rakor ini, Luki mengundang semua pihak yang terlibat dalam Pemilu di Jatim. Setiap pihak juga memaparkan persiapan-persiapan serta informasi-informasi terkini terkait Pemilu 2019 di Jatim terutama yang berkaitan dengan pengamanan. "Insyaallah nanti hari Rabu kita akan gelar pasukan secara lengkap. Kita akan nanti sampaikan kepada jajaran terkait kesiapan menghadapi pengamanan 2019 Mantab Brata," tuturnya.

3. Bekerja secara sinergi dengan TNI

Polda Jatim Siapkan 118 ribu Personel Jelang Pemilu 2019ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Hadir juga dalam rakor tersebut, Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Arip Rahman menyampaikan kesanggupannya berjalan bersama Polda Jatim untuk memastika keamanan Jatim jelang Pemilu 2019. Untuk itu ia juga akan menyiapkan personelnya sebanyak 2/3 dari jumlah pasukan Polda Jatim. "Kita ada 25.000 personel. Nanti kalau kurang kita akan minta bantuan kepada Divisi 2 Kostrad," jelasnya.

Baca Juga: Kapolres Kediri Diganti Polisi Penggendong Anak Bomber Surabaya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya