Pipa Utama PDAM yang Jebol Mulai Diperbaiki, Diprediksi Selesai Besok

Saat proses perbaikan aliran air akan mati

Surabaya, IDN Times - Pipa utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada kembali jebol, Minggu (17/5). Saat ini, proses perbaikan pipa jebol tersebut sudah dimulai. Akibatnya aliran air bersih kepada pelanggan akan terhenti.

1. Persiapan perbaikan pipa telah selesai

Pipa Utama PDAM yang Jebol Mulai Diperbaiki, Diprediksi Selesai BesokDirektur Utama PDAM Surabaya, Mujiaman. IDN Times/Tarida Alif

Direktur Utama PDAM Surya Sembada Mujiaman menjelaskan, saat ini proses persiapan untuk perbaikan pipa jebol telah dilakukan. Pihaknya sudah memasang sheet pile yang berfungsi sebagai penahan tanah sekitar lokasi agar tidak bocor.

"Tanggul sheet pile-nya sudah dipasang. Alat-alatnya juga sudah bersiap-siap di lokasi," ujarnya saat dihubungi IDN Times, Senin pagi (17/5).

2. Aliran air ke warga akan dimatikan

Pipa Utama PDAM yang Jebol Mulai Diperbaiki, Diprediksi Selesai BesokDirektur Utama PDAM Surya Sembada Surabaya, Mujiaman saat ditemui di kantornya, Senin (9/3). IDN Times/Fitria Madia

Selain itu, jalur pembuangan luapan air yang bocor dari pipa jebol tersebut telah disiapkan. Ia mengatakan, proses pengurasan lokasi sudah bisa dimulai dengan pompa air. Sehingga, aliran air bagi pelanggan akan dimatikan agar lubang pipa utama bisa ditemukan dan diperbaiki. Ia memperkirakan sekitar 100 ribu keluarga yang akan terdampak proses ini.

"Beberapa menit lagi kita akan mulai. Ini sudah siap semua akan dimatikan," lanjutnya.

Baca Juga: Pipa PDAM Bocor, Bantuan Suplai Air Dikirim saat Aliran Terhenti

3. Diperkirakan selesai besok

Pipa Utama PDAM yang Jebol Mulai Diperbaiki, Diprediksi Selesai BesokIlustrasi air (Unsplash/Jana Sabeth)

Mujiaman memperkirakan, proses perbaikan pipa jebol tersebut mulai dari pengurasan, penutupan lubang, pengelasan, dan lain-lain memerlukan waktu beberapa jam. Jika seluruh pengerjaan berjalan lancar, ia memperkirakan pada Selasa (19/5) pipa sudah diperbaiki.

"Semoga semuanya lancar. Mungkin nanti atau besok (Selasa) sudah selesai," harapnya

4. Pipa jebol akibat tiang pancang

Pipa Utama PDAM yang Jebol Mulai Diperbaiki, Diprediksi Selesai BesokUnsplash/Svklimvin

Sebelumnya, pipa utama berdiameter 1.000 milimeter tersebut jebol karena terkena tiang pancang proyek pembangunan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (Uinsa) Surabaya. Akibatnya, sekitar 30 persen air dari pipa utama tersebut akan terbuang dari lubang itu.

Diperkirakan pelanggan yang terdampak jebolnya pipa berada di kawasan Pagesangan, Gayungan, Injoko, Gayung Kebonsari, Menanggal, Ketintang, Kutisari, Siwalankerto, Pondok Tjandra, Gunung Anyar, Puri Mas, Medokan Ayu, Rungkut Madya, Pandugo, Kedung Baruk, Semampir, Mulyosari, Sutorejo, Galaxy, Kenjeran, Nambangan, Bulak Rukem, Setro, Kedung Cowek, Tambak Wedi, Kedinding, dan daerah sekitar lainnya.

Saat ini, PDAM Surya Sembada dan Pemerintah Kota Surabaya menyediakan suplai air melalui tangki air gratis ke pemukiman warga. Untuk mengajukan permintaan tangki air gratis ini, RT/RW setempat bisa menghubungi 0800-192-6666, atau WhatsApp 0812-331-6666 dan 0811-3330-6666

Baca Juga: Pipa Utama PDAM Surabaya Jebol Lagi, 30 Ribu Pelanggan Terdampak

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya