Pesta Digelar Hari Ini, Inilah Lokasi Pemberkatan Crazy Rich Surabaya

Tak semegah apa yang dibicarakan kok gaes

Sidoarjo, IDN Times - Pernikahan Jusup Maruta Cahyadi dan Clarissa menghebohkan publik akhir-akhir ini. Julukan Crazy Rich Surabaya, yang sempat viral beberapa waktu lalu, disematkan kepada pasangan ini. Bagaimana tidak, santer terdengar kabar bahwa mereka akan melaksanakan pernikahan yang membagikan cendera mata berupa koin emas, gawai mewah, dan para penumpang dijamin seluruh akomodasinya termasuk tiket pesawat ke Bali.

Baca Juga: Menelusuri Rumah Crazy Rich Surabaya yang Pernikahannya Bikin Heboh

1. Klenteng tertua dan terbesar di Sidoarjo

Pesta Digelar Hari Ini, Inilah Lokasi Pemberkatan Crazy Rich SurabayaIDN Times/Fitria Madia

Klenteng Tjong Hok Kiong memang merupakan klenteng terbesar dan tertua di Kabupaten Sidoarjo. Salah satu pengurus yayasan, Iranto atau yang lebih akrab disapa Pak Ming menjelaskan Klenteng ini telah ada sejak tahun 1863.

"Jadi Klenteng ini jemaatnya memang banyak, sekitar 800-900 an. Dari mana-mana, luar kota juga," terang Pak Ming kepada IDN Times, Jumat (30/11).

2. Keluarga Jusup memang jemaat Klenteng

Pesta Digelar Hari Ini, Inilah Lokasi Pemberkatan Crazy Rich SurabayaInstagram.com/jusupclarissawed

Pak Ming pun membenarkan kalau Jusup dan Clarissa melaksanakan pemberkatan pernikahannya di Klenteng Tjong Hok Kiong ini. Pasalnya, Jusup dan keluarganya memang dulu merupakan warga Sidoarjo dan merupakan salah satu jemaat klenteng.

"Jadi mereka sering ibadahnya ke sini (Klenteng). Rendra (ayah Jusup) sama kakeknya itu memang jemaat sini," ujar Pak Ming.

3. Terdapat lilin pemberian ayah Jusup

Pesta Digelar Hari Ini, Inilah Lokasi Pemberkatan Crazy Rich SurabayaIDN Times/Fitria Madia

Klenteng yang tengah mengalami proses renovasi ini tidak terlalu megah. Luasnya sekitar setengah hektar. Ruang peribadatan yang mulanya berada di lantai satu dipindahkan ke lantai dua. Terlihat ada sepasang lilin bertuliskan "Rendra and Family" yang memang merupakan lilin persembahan Rendra Tjajadi, ayah Jusup.

"Di sini tempatnya Jusup dan Clarissa melaksanakan pemberkatan," tutur Pak Ming menunjukkan tempat peribadatan.

4. Prosesi pemberkatan berjalan sederhana

Pesta Digelar Hari Ini, Inilah Lokasi Pemberkatan Crazy Rich SurabayaIDN Times/Fitria Madia

Pak Ming mengatakan bahwa prosesi akad nikah Jusup dan Clarissa tidak dilaksanakan secara mewah-mewahan. Hanya ada beberapa anggota keluarga yang diundang.

"Saya juga gak hadir waktu itu. Hanya ada beberapa anggota keluarga saja yang hadir," ujarnya.

5. Rendra menepis segala rumor kemewahan

Pesta Digelar Hari Ini, Inilah Lokasi Pemberkatan Crazy Rich SurabayaIDN Times/Imam Rosidin

Pemberkatan yang dilaksanakan secara sederhana nampaknya sesuai dengan perkataan Rendra saat konferensi pers, Jumat (30/11) di Nusa Dua terkait pernikahan anaknya. Rendra menepis segala rumor tentang kemewahan pesta pernikahan yang akan diselenggarakan pada hari ini, Sabtu (1/12). Malah, Rendra merencanakan pesta pernikahan tersebut menjadi acara amal untuk mengumpulkan donasi bagi korban gempa di Palu, Sigi, dan Donggala.

Baca Juga: Pernikahan Crazy Rich Surabaya di Bali Tak Ada Koin Emas & Jaguar

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya