Pertama Kali! Seorang Bayi Lahir di RSLI dari Ibu PMI Positif COVID-19

Ibu dan bayi berhasil selamat

Surabaya, IDN Times - Seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tengah positif COVID-19 melahirkan bayi laki-laki di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI). Bayi yang kelahirannya tak diprediksi ini pun memberikan kabar bahagia bagi para pasien, tenaga kesehatan, dan relawan di RSLI.

1. Bayi tersebut lahir kemarin

Pertama Kali! Seorang Bayi Lahir di RSLI dari Ibu PMI Positif COVID-19Proses persalinan pertama kali di RSLI, Selasa (20/9/2021). Dok RSLI

Penanggungjawab RSLI, Laksamana Pertama dr. Ahmad Samsulhadi, MARS menuturkan, bayi ini lahir pada Senin (20/9/2021) pukul 20.20 WIB dari seorang ibu berinsial SU asal Pamekasan. Bayi laki-laki tersebut lahir dengan berat 2.500 gram dan panjang 48 cm. Kelahiran bayi ini disebut bukti keseriusan RSLI untuk menangani pasiennya termasuk ibu hamil dan ibu yang melahirkan.

"Ini merupakan kejadian langka tapi tetap perlu disyukuri sebagai sebuah anugerah Allah SWT, terutama bagi orangtua bayi. Dengan persalinan normal dan penanganan nakes yang kompeten, Insya Allah bayinya akan terawat dengan baik. Saya juga sudah ambil kebijakan agar seluruh kebutuhan bayi dan ibunya pasca persalinan dapat dipenuhi oleh RSLI dibantu Relawan Pendamping Program Pendampingan Keluarga Pasien COVID-19 RSLI,” ujarnya Selasa (21/9/2021).

2. Kali pertama RSLI tangani persalinan

Pertama Kali! Seorang Bayi Lahir di RSLI dari Ibu PMI Positif COVID-19Peresmian RS Lapangan COVID-19 di Jalan Indrapura, Surabaya, Selasa (2/6). Dokumentasi Humas Pemprov Jatim.

Dokter umum RSLI,  Dr. Nurarifah Destianizar Ali, menambahkan bahwa selama iin pihaknya memang sudah sering menangani pasien COVID-19 ibu hamil. Namun, ini merupakan kali pertama persalinan benar-benar terjadi. Beruntung, RSLI memiliki fasilitas dan tenaga yang memadai sehingga persalinan berlangsung lancar

"Dengan fasilitas yang cukup memadai, kami para tenaga kesehatan disini melakukan penangan dengan baik, dan berusaha berkolaborasi dengan dokter spesialis anak dan dokter spesialis obgyn dari RSDS untuk memberikan perawatan yang optimal," ungkapnya.

3. Ibu dan bayi langsung dites swab

Pertama Kali! Seorang Bayi Lahir di RSLI dari Ibu PMI Positif COVID-19Proses persalinan pertama kali di RSLI, Selasa (20/9/2021). Dok RSLI

Dr. Agrasenfani Hadi (Dokter Umum RSLI) menambahkan, bayi yang lahir dalam waktu 20 menit secara normal ini dalam penanganan khusus para dokter. Sang ibu dan bayi juga sudah dilakukan swab RT-PCR ulang untuk memeriksa status konfirmasi COVID-19. SU juga sudah mulai memberikan ASI eksklusif kepada buah hatinya.

"Ibu dapat tetap memberikan ASI kepada bayi sesuai dengan rekomendasi karena ASI dari Ibu yang terkena COVID-19 tidak menularkan virus ke bayi. Pemberian ASI tentu dengan tetap melakukan protokol pencegahan penularan COVID-19, yakni memakai masker ketika menyusui, mencuci tangan sebelum menyusui," jelasnya.

Baca Juga: Wisuda 98 Penyintas, Sudah 8.066 Pasien COVID-19 Sembuh dari RSLI

4. Relawan langsung siapkan perlengkapan bayi

Pertama Kali! Seorang Bayi Lahir di RSLI dari Ibu PMI Positif COVID-19Proses persalinan pertama kali di RSLI, Selasa (20/9/2021). Dok RSLI

Sementara itu, perlengkapan bayi juga langsung disiapkan oleh para relawan. Salah seorang relawan, Sita Pramesthi sudah memberikan pokok, bayu baji lengan pendek dan panjang, celana, perlak, selimut, gedong, sarung tangan, topi bayi, handuk, popok dan gurita. Perlengkapan lain juga sudah disediakan seperti minyak telon, bedak, shampo, baby oil, bak mandi, thermos, dot dan susu formula sebagai alternatif bila ibunya mengalami kesulitan ASI.

"Bagi ibunya juga diberikan sarung, pembalut dan kebutuhan lainnya. Semua fasilitas yang diberikan ini merupakan wujud syukur atas kelahiran perdana di RSLI serta merupakan bentuk tanggap dan kesiagaan relawanpendamping PPKPC-RSLI atas perkembangan dan kondis yang ada, khsusunya bagi pasien," pungkasnya.

Baca Juga: RSLI Surabaya Rawat Pasien dengan CT Value Ekstrem, Varian Baru?

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya