Persiapan RS Lapangan Tembak Hampir Selesai, Bed Pasien Mulai Dipasang

Semoga bisa segera digunakan

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya terus mengebut persiapan Rumah Sakit Lapangan yang terletak di Lapangan Tembak. Kali ini, bangunan fisik RS tersebut sudah siap dan tinggal melengkapi perlatan yang dibutuhkan.

1. Sebanyak 300 bed pasien mulai dipasang

Persiapan RS Lapangan Tembak Hampir Selesai, Bed Pasien Mulai DipasangPersiapan RS Lapangan Tembak Surabaya. Dok Humas Pemkot Surabaya

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang, Kota Surabaya, Lilik Arijanto mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang dalam proses pengiriman tempat tidur. Beberapa di antaranya yaitu tempat tidur yang diberi oleh Kementerian Sosial RI.

"Saat ini sudah ada pengiriman bed sama peralatan-peralatan kesehatan. Kapasitas kemampuannya sebenarnya bisa sampai 500 bed. Tapi pengiriman bed sementara 300 dulu," ujar Lilik, Selasa (6/7/2021).

2. Kamar mandi dan aliran air sudah dipasang

Persiapan RS Lapangan Tembak Hampir Selesai, Bed Pasien Mulai DipasangPersiapan RS Lapangan Tembak Surabaya. Dok Humas Pemkot Surabaya

Selain bangunan fisik, perlengkapan lain juga sedang dipenuhi salah satunya yaitu fasilitas sanitasi. Lilik menuturkan bahwa air PDAM sudah mengalir di kamar mandi-kamar mandi RS. Pihaknya juga menyediakan tempat cuci baju dan pengeringan pakaian.

"Sanitasi sudah disiapkan. Kebetulan memang pembuatan lapangan tembak ini kamar mandi sudah semua. Makanya kita tambahkan untuk tempat cuci baju sama pengering untuk baju pasien. Airnya PDAM sudah disambung kemarin," tuturnya.

Baca Juga: Surabaya Siapkan RS Darurat di Gedung Lapangan Tembak

3. Wallpaper mulai dipasang

Persiapan RS Lapangan Tembak Hampir Selesai, Bed Pasien Mulai DipasangPersiapan RS Lapangan Tembak Surabaya. Dok Humas Pemkot Surabaya

Lilik melanjutkan, pihaknya tengah melakukan pemasangan wallpaper atau vynil di setiap ruangan yang bakal dimanfaatkan untuk ruang perawatan pasien. Dengan ini, warga yang menjalani perawatan atau isolasi di RS Lapangan Tembak diharapkan dapat merasa nyaman.

"Saat ini vinyl kita pasang karena memang kalau standarnya sebuah bangsal bawahnya memang harus bebas dari debu," ungkapnya.

Tak hanya itu, Lilik juga melengkapi ruangan dengan kelambu agar nyamuk atau serangga-serangga kecil tidak masuk ke kamar-kamar pasien. Pasalnya, RS tersebut berada di tepi pantai dan di antara tambak ikan.

"Kelambu untuk penanganan pencegahan binatang nyamuk dan serangga dari luar, agar pasien tidak terganggu. Karena posisinya juga di daerah tepi pantai dan sekitarnya masih tambak," pungkasnya.

Baca Juga: Risma Berikan Bantuan 250 Bed untuk RS Lapangan Tembak

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya