Persiapan Piala Dunia, Pemkot Bikin Terowongon dari 300 Pohon

Piala Dunia kurang dari 5 bulan lagi

Surabaya, IDN Times - Piala Dunia U-20 rencananya akan digelar kurang dari 5 bulan lagi. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Surabaya mengebut pengerjaan di sekitar Stadion Gelora Bung Tomo. Salah satunya adalah penanaman pohon untuk mengurangi bau dari tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir Benowo.

1. Jalan menuju GBT akan dibuat menyerupai terowongan pohon

Persiapan Piala Dunia, Pemkot Bikin Terowongon dari 300 PohonAnna Fajriatin saat menjaga posko PSBB di MERR Surabaya. IDN Times/Faiz Nashrillah

Di sekeliling TPA Benowo saat ini tengah berlangsung pembuatan green belt dari pepohonan agar bisa menutupi tumpukan sampah. Selain itu, sepanjang jalan menuju Stadion GBT juga dibangun pohon setinggi 2,5 meter sehingga menyerupai terowongan saat dilewati oleh pengunjung.

"Nanti pohon-pohon ini akan menutupi jalannya sehingga tumpukan sampah jadi gak kelihatan," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DKRTH Surabaya Anna Fajriatin, Sabtu (28/11/2020).

2. Sudah tanam 300 pohon

Persiapan Piala Dunia, Pemkot Bikin Terowongon dari 300 PohonStadion Gelora Bung Tomo sebelum direnovasi pada 9 November 2019. IDN Times/Reza Iqbal

Anna melanjutkan, di sepanjang jalan itu akan ditanami berbagai macam pohon berkarakteristik rindang seperti Pohon Ketapang Kencana dan beberapa pohon lainnya. Penanaman pohon itu sudah dimulai sejak beberapa bulan lalu.

“Totalnya sampai saat ini sudah sekitar 300 pohon. Penanaman ini akan terus kami lanjutkan hingga tuntas,” tuturnya.

Selain itu, di area green belt pihaknya tak hanya menanam pohon tinggi saja melainkan bunga-bungaan. Tunjuannya agar penampilan green belt menjadi menarik untuk dikunjungi. Tumpukan sampah nantinya akan ditutupi membran hitam yang dianggap bisa mengurangi baunya.

"Nanti pada saat acara Piala Dunia U-20, tumpukan sampah itu sudah tertutup oleh pohon-pohon ini, dan di sekitar TPA Benowo ini berubah menjadi taman yang ada bunganya warna-warni. Bahkan, nanti di sekitar TPA Benowo ini akan dibangun jogging track, sehingga warga juga bisa sepedaan di sini,” jelasnya.

Baca Juga: Permak Gelora Bung Tomo, Pemkot Gelontorkan Dana Rp85 Miliar

3. Ada tim khusus yang merawat

Persiapan Piala Dunia, Pemkot Bikin Terowongon dari 300 PohonSuasana kerja bakti di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada Jumat, 8 November 2019. IDN Times/Reza Iqbal

Untuk merampungkan penanaman di tempat tersebut, Anna menyiapkan tim khusus yang melakukan penanaman sekaligus merawat pohon-pohon dan tanaman yang sudah ditanam setiap harinya. Tim khusus ini yang bertanggung jawab di area tersebut.

“Karena ini areanya sangat luas dan penanamannya terus berlanjut, kami tugaskan tim khusus di sini,” pungkasnya. 

Baca Juga: Resmi! Gelora Bung Tomo Jadi Venue Piala Dunia U-20

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya