Peringatan HUT PRD di Surabaya Akan Dibubarkan Polisi

Padahal Wakil Wali Kota diklaim hadir

Surabaya, IDN Times - Sebuah pemberitahuan kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Partai Rakyat Demokratik (PRD) di Surabaya beredar. Kegiatan PRD yang kerap dikaitkan dengan isu komunisme ini menuai kegelisahan di masyarakat. Kegiatan tersebut pun akan dibubarkan oleh pihak kepolisian.

1. Kegiatan belum berizin

Peringatan HUT PRD di Surabaya Akan Dibubarkan PolisiIDN Times/Fitria Madia

 

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho mengatakan bahwa pihaknya sudah mendapatkan informasi atas dilaksanakannya kegiatan tersebut di salah satu restoran Surabaya, Senin (22/7). Namun kegiatan ini belum memberikan surat pemberitahuan maupun surat izin ke pihak kepolisian.

"Sampai dengan hari ini belum ada pemberitahuan untuk itu. Dan saya juga sudah ngecek ke intel belum ada pemberitahuan untuk itu. Tapi yang meributkan di masyarakat informasinya itu memang sudah ada," ujarnya saat dihubungi IDN Times, Senin (22/7).

2. Kegiatan akan dibubarkan

Peringatan HUT PRD di Surabaya Akan Dibubarkan PolisiDok.IDN Times/Istimewa

 

Atas dasar tidak adanya izin tersebut, Sandi mengatakan bahwa pihak kepolisian akan mencegah acara tersebut terselenggara. Pihaknya tak segan membubarkan apabila panitia tetap bersikukuh untuk melaksanakannya.

"Kita akan melakukannya sesuai dengan prosedur. Apabila kegiatannya tidak memiliki izin maka akan kita imbau untuk membubarkan diri atau akan kita bubarkan," tuturnya.

3. Belum ada kabar akan adanya penyerangan

Peringatan HUT PRD di Surabaya Akan Dibubarkan PolisiIDN Times/Fitria Madia

 

Hingga saat ini Sandi juga belum menerima kabar atas ancaman penyerangan terhadap PRD oleh organisasi masyarakat tertentu maupun aparat TNI. Pembubaran yang akan ia lakukan murni berdasar tidak adanya surat izin yang diberikan oleh panitia.

"Sampai saat ini karena informasinya simpang siur belum ada izin resmi kami juga belum bisa memetakan hal tersebut. Hanya kami mengimbau kepada masyarakat untuk menyerahkan semuanya kepada kepolisian," pungkasnya.

4. Wakil Wali Kota Surabaya diklaim akan hadir

Peringatan HUT PRD di Surabaya Akan Dibubarkan PolisiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Undangan terbuka peringatan HUT PRD tersebut tersebar melalui pesan singkat di WhatsApp. Dalam undangan tersebut, Komite Pimpinan Kota (KPK) PRD Surabaya mengadakan peringatan tersebut di sebuah restoran pada pukul 18.00 WIB. Kegiatan bertema "Ini Jalan Kita ke Depan : Bangun Persatuan Nasional, Wujudkan Kesejahteraan Sosial" tersebut akan dihadiri oleh Wakil Wali Kota Surabaya, Wisnu Sakti Buana dan pengacara sekaligus aktivis 98, M Sholeh.

Ketika dikonfirmasi oleh IDN Times, pihak panitia masih belum dapat dihubungi. Namun, salah satu narasumber yang juga pengacara, Sholeh mengatakan bahwa acara tersebut tetap akan berlangsung, belum ada konfirmasi pembatalan dari pihak panitia.

"Iya betul. Pak Wisnu juga sudah konfirmasi hadir," ujarnya melalui sambungan telepon kepada IDN Times.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya