Pengasuh Gontor Meninggal, Khofifah: Indonesia Kehilangan Ulama Saleh

Khofifah sampaikan duka cita yang mendalam

Surabaya, IDN Times - Pimpinan sekaligus pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, KH Abdullah Syukri Zarkasyi meninggal dunia pada Rabu (21/10/2020) sore. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pun menyampaikan rasa duka citanya yang mendalam atas kepergian ulama besar Tanah Air ini.

1. Meninggal dunia pada pukul 15.50 WIB

Pengasuh Gontor Meninggal, Khofifah: Indonesia Kehilangan Ulama SalehAlmarhum Pengasuh Ponpes Gontor, KH Abdullah Syukri Zarkasyi. Instagram.com/santrimendunia.id

Humas Pesantren Modern Darussalam Gontor, Ponorogo M. Taufiq Affandi menjelaskan, KH Abdullah Syukri Zarkasyi meninggal dunia pada pukul 15.50 WIB di Rumah Gontor, Ponorogo. Kabar wafatnya ulama yang akrab disapa Kiai Syukri ini juga telah diunggah dalam Instagram resmi PM Darussalam Gontor, @pondok.modern.gontor.

"Iya benar," ujar Taufiq saat dikonfirmasi awak media.

2. Indonesia kehilangan salah satu ulama saleh

Pengasuh Gontor Meninggal, Khofifah: Indonesia Kehilangan Ulama SalehGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat memberi penghargaan Jer Basuki Mawa Beya, Senin (12/10/2020). Dok. Pemprov Jatim

Khofifah pun menyampaikan bela sungkawanya atas kepergian Kiai Syukri. Khofifah menyebut bahwa Indonesia kembali kehilangan salah satu ulama besar.

“Ini adalah kali kesekian Indonesia kehilangan ulama-ulama sholeh di tahun ini. Insya Allah, husnul khatimah dan mendapat tempat terbaik disisi Allah SWT. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kelapangan dan ketabahan hati dalam menerima cobaan ini,” ungkap Khofifah di Gedung Negara Grahadi.

Baca Juga: Ponpes Gontor Berduka, K.H Abdullah Syukri Zarkasyi Wafat 

3. Almarhum berperan besar bagi dunia pendidikan Indonesia

Pengasuh Gontor Meninggal, Khofifah: Indonesia Kehilangan Ulama SalehUcapan duka cita untuk pengasuh Ponpes Gontor, KH Abdullah Syukri Zarkasyi. Instagram.com/santrimendunia.id

Khofifah mengungkapkan, jasa Kiai Syukri sangat besar untuk Indonesia, khususnya di dunia pendidikan. Alumni Gontor telah tersebar di seluruh penjuru Indonesia, bahkan dunia. Di antara mereka banyak yang menjadi menteri, kepala daerah, rektor, duta besar, budayawan, dan berbagai profesi serta jabatan strategis lainnya.

“Tidak ada yang tidak mengenal Gontor. Alumninya pun sangat disegani di seluruh penjuru Indonesia bahkan dunia. Kiprah alumninya pun sudah tidak diragukan lagi baik di kancah nasional maupun internasional,” tuturnya.

Ulama yang kerap disapa Kyai Syukri ini merupakan putra dari Kyai Imam Zarkasyi, yang merupakan satu dari tiga (trimurti) pendiri Gontor. Sejumlah amanah di luar pondok pernah dijabat Kyai Syukri, di antaranya Ketua Majlis Ulama Indonesia Kabupaten Ponorogo; Ketua Badan Silaturrahmi Pondok Pesantren Jawa Timur (1999 – sekarang); Ketua Forum Silaturrahmi Umat Islam Ponorogo (1999 – sekarang); Ketua MP3A Depag (Majlis Pertimbangan Pendidikan dan Pengajaran Agama (1999 – sekarang) dan Dewan Penasihat MUI Pusat.

4. Dimakamkan besok Kamis sebelum Zuhur

Pengasuh Gontor Meninggal, Khofifah: Indonesia Kehilangan Ulama SalehPonpes Gontor. Instagram.com/pondok.modern.gontor

Rencananya, jenazah Kiai Syukri akan dimakamkan besok Kamis (22/10/2020). Almarhum akan dikebumikan di makam keluarga di Desa Gontor, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo.

"Rencananya sebelum Salat Zuhur, besok (Kamis), " kata M. Adib Fuadi Nuriz, menantu almarhum saat dihubungi IDN Times, Rabu malam.

Saat ini jenazah disemayamkan di rumah duka yang berada di kawasan pondok. Sejumlah keluarga dan santri, menurut Adib, berada di tempat itu untuk mengurus jenazah dan mempersiapkan pemakaman esok hari.

Baca Juga: Pengasuh Gontor Kiai Syukri Wafat, Dimakamkan Besok Sebelum Zuhur

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya