Penerima Tiket Gratis KA Jarak Jauh Ditambah, Cek Profesimu di Sini

Program khusus Hari Pahlawan

Surabaya, IDN Times - Profesi penerima tiket gratis KA Jarak Jauh dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2021 ditambah. Penambahan ini diberikan untuk memperluas apresiasi dari PT KAI kepada berbagai pihak yang sudah menjadi pahlawan selama pandemik COVID-19.

1. Penerima tiket gratis KA Jarak Jauh diperluas

Penerima Tiket Gratis KA Jarak Jauh Ditambah, Cek Profesimu di SiniSuasana Stasiun Kereta di tengah pandemik COVID-19 (Dok. Humas KAI)

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif menjelaskan, profesi yang kini turut mendapatkan tiket gratis adalah dosen, dokter, analis laboratorium, dan analis radiologi. Voucher tiket gratis bagi profesi-profesi ini dapat digunakan untuk perjalanan kereta api jarak jauh pada keberangkatan 13-30 November 2021.

"Penambahan profesi yang mendapatkan voucher tiket gratis ini ditujukan untuk memberikan apresiasi yang semakin luas kepada para pekerja di bidang pendidikan dan kesehatan. Kedua sektor ini sebagai cerminan pahlawan masa kini di saat pandemi Covid-19,” ujarnya, Minggu (14/11/2021).

Baca Juga: Hari Pahlawan, 2 Ribu Tiket KA Gratis untuk Guru, Nakes, dan Veteran

2. Satu identitas hanya boleh klaim satu tiket

Penerima Tiket Gratis KA Jarak Jauh Ditambah, Cek Profesimu di SiniIlustrasi suasana Stasiun Kereta di tengah pandemik COVID-19 (Dok. Humas KAI)

Sebelumnya, profesi yang berhak mendapatkan tiket gratis KA Jarak Jauh di momen Hari Pahlawan ini masih terbatas pada Guru, Bidan, Perawat, Apoteker, Tenaga Farmasi, Tenaga Administrasi, Driver Ambulance, dan anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). Dengan perluasan target ini, diharapkan lebih banyak orang yang mendapatkan manfaat dari PT KAI.

“Selama program berlangsung, satu identitas hanya berhak untuk satu voucher atau satu kali perjalanan. Pengambilan voucher tidak dapat diwakilkan kecuali untuk veteran,” tuturnya.

3. Harus membawa kelengkapan dokumen

Penerima Tiket Gratis KA Jarak Jauh Ditambah, Cek Profesimu di SiniSuasana Stasiun Kereta di tengah pandemik COVID-19 (Dok. Humas KAI)

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan tiket gratis ini bisa langsung mengambil di loket atau customer service Stasiun Surabaya Gubeng hingga tanggal 29 November 2021. Untuk mengambil voucher, beberapa persyaratan perlu dilengkapi yaitu:

1. Dosen atau Guru: Identitas asli serta fotocopy identitas/surat keterangan yang menyatakan profesi sebagai dosen atau guru;
2. Dokter: Identitas asli serta fotocopy kartu anggota profesi dokter atau Surat Tanda Registrasi (STR) Surat Izin Praktik (SIP) yang masih berlaku;
3. Tenaga Kesehatan lainnya: kartu tanda pengenal atau surat keterangan lainnya yang menyatakan sebagai bidan, perawat, apoteker, tenaga farmasi, analis laboratorium, analis radiologi, tenaga administrasi dan driver ambulance dari klinik, puskesmas atau rumah sakit;
4. LVRI: Identitas asli dan menyerahkan foto copy identitas LVRI yang masih berlaku.

4. Sudah 383 voucher diklaim

Penerima Tiket Gratis KA Jarak Jauh Ditambah, Cek Profesimu di SiniSuasana Kereta di tengah pandemik COVID-19 (Dok. Humas KAI)

Luqman melanjutkan, hingga 13 November 2021, sudah ada 383 voucher yang diklaim oleh masyarakat dengan rincian nakes 178 orang, guru 201 orang, dan veteran 4 orang.

“Para nakes, guru, dan veteran itu sangat senang, bangga, dan merasa terhormat atas penghargaan dan apresiasi yang diberikan oleh KAI,” tutupnya.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program ini, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Baca Juga: Kereta Api Surabaya-Jakarta Lebih Cepat 20 Menit

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya