Pemprov Buat Disinfektan Drive Thru, Sterilisasi Sambil Nyetir

Agar virus-virus luntur

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Timur memang belum mengeluarkan imbauan agar masyarakat Jawa Timur tidak melakukan mudik untuk mencegah penyebaran virus corona di berbagai daerah. Sebagai gantinya, mereka menyiapkan layanan tanpa turun atau drive thru disinfektan sebagai upaya sterilisasi warga yang berlalu lalang antar daerah.

1. Koordinasikan dengan Kapolda dan Pangdam

Pemprov Buat Disinfektan Drive Thru, Sterilisasi Sambil NyetirGubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat melakukan konferensi pers di gedung Grahadi, Sabtu (28/3).

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, ia sudah melakukan rapat koordinasi dengan berbagai pihak seperti Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya. Mereka sudah menyiapkan konsep dari disinfektan drive thru tersebut.

"Kami bersiap untuk memasang drive thru disinfektan untuk arus yang ke Madura. Dan arus yang dari Madura ke Surabaya," ujar Khofifah saat konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (28/3).

2. Akan segera direalisasikan di perbatasan daerah

Pemprov Buat Disinfektan Drive Thru, Sterilisasi Sambil NyetirPeta sebaran COVID-19 di Jawa Timur Sabtu (28/3). IDN Times/Fitria Madia

Nantinya, warga yang berpergian antar daerah bisa disterilkan sebelum memasuki daerah lainnya. Proses sterilisasi ini pun bisa dilakukan dengan cepat lantaran proses drive thru atau dilakukan tanpa perlu turun dari kendaraan.

"Kita akan berkoordinasi supaya penyiapan tenda drive thru disinfektan di titik-titik itu bisa sesegera mungkin dilakukan," tuturnya.

Pulau Madura memang masih menjadi zona aman dari virus corona hingga saat ini. Dari empat daerah, dua kabupaten masuk zona kuning yaitu Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Pamekasan. Sementara 2 daerah lainnya yaitu Kabupaten Sampang dan Kabupaten Sumenep masih zona hijau.

3. Beberapa daerah yang akan dipasang

Pemprov Buat Disinfektan Drive Thru, Sterilisasi Sambil NyetirGambar ilustrasi virus corona (IDN Times/ istimewa)

Tapi upaya disinfektan drive thru ini tak hanya dilakukan dari dan ke Pulau Madura saja. Khofifah menyebutkan ada beberapa daerah yang perbatasannya akan dipasangi disinfektan drive thru.

"Kita akan maksimalkan di titik-titik pelabuhan yang dari Probolinggo, Situbondo, dan Kepulauan Sumenep. Pada dasarnya disinfektan yang ada di Pemprov saat ini cukup untuk melakukan tugas-tugas itu," tutup Khofifah.

Baca Juga: Tiap Kendaraan yang Masuk Kota Surabaya Akan Disemprot Disinfektan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya