Pemkot Surabaya Dapat Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik 2021

Penghargaan didapatkan di tingkat provinsi

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menoreh prestasi terutama di bidang pembangunan kota. Kali ini, Pemkot Surabaya menerima Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik I, Provinsi Jawa Timur Tahun 2021.

Piagam penghargaan tersebut, diserahterimakan langsung oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa kepada Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Jatim, di Hotel Sangri La Surabaya, Kamis (15/4/2021).

1. Penghargaan dijadikan pendorong untuk lebih giat

Pemkot Surabaya Dapat Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik 2021Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menerima penghargaan dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Foto: Humas Pemkot Surabaya.

Dalam sambutannya, Eri mengatakan bahwa penghargaan tersebut menjadi pendorong bagi Pemkot Surabaya untuk bekerja lebih giat. Salah satunya dalam rencana besar Kota Surabaya yaitu program smart city yang sudah berjalan dan akan semakin dioptimalkan lagi dengan integrasi sistem informasi.

"Alhamdulillah kerja saya saat jadi Kepala Bapekko mendapat penghargaan dari Ibu Gubernur. Karena sebelum jadi wali kota saya (menjabat) Kepala Bappeko (Badan Perencanan dan Pembangunan Kota). Jadi saya mengerjakan itu," ujar Eri saat menerima piagam tersebut.

2. Pemkot Surabaya menyelaraskan program dengan pusat dan provinsi

Pemkot Surabaya Dapat Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik 2021Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menerima penghargaan dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa

Di samping itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bappeko Kota Surabaya, Febrina Kusumawati menjelaskan, penghargaan ini diberikan untuk proses perencanaan dan hasil dari sebuah perencanaan dari pemerintah daerah. Dalam perencanaan, Pemkot Surabaya selalu menyelaraskan program pemerintah pusat yang diturunkan kepada Pemprov yang kemudian oleh Pemkot.

"Sehingga kami (Pemkot) tidak berjalan sendiri. Dari situ lah kita menjawab dengan kegiatan program dan hasilnya selaras dengan apa yg mau dituju oleh provinsi maupun nasional," tuturnya.

3. Pemkot Surabaya berusaha terus menjawab permasalahan masyarakat

Pemkot Surabaya Dapat Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik 2021Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menerima penghargaan dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa

Febrina memberi contoh salah satunya adalah program pemulihan ekonomi. Dalam program tersebut, Pemkot Surabaya melakukan pengembangan yang hasilnya menjawab masalah yang ada di masyarakat. Alhasil, dari perencanaan yang dibuat, Pemkot dua kali berturut-turut menyabet Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Jatim.
 
"Alhamdulillah tahun lalu kita juga menerima penghargaan yang sama. Intinya singkronisasi dan keselarasan program dengan pusat dan provinsi," pungkasnya.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya