Comscore Tracker

Parkir Tepi Jalan di Surabaya Kini Gunakan Fitur Pembayaran Digital

Supaya gak repot cari uang receh

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya mulai memberlakukan metode cashless untuk pembayaran sejumlah titik parkir pinggir jalan. Dengan uang digital ini, harapannya proses pembayaran parkir bisa lebih mudah dan lebih ramah lingkungan.

1. Pembayaran secara digital mempermudah pengguna parkir

Parkir Tepi Jalan di Surabaya Kini Gunakan Fitur Pembayaran DigitalSosialisasi pembayaran parkir via online di Surabaya. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyudrajat menjelaskan, metode pembayaran retribusi parkir secara digital melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) ini sudah berlaku di parkir beberapa gedung. Kini, Parkir Meter Tepi Jalan Umum (TJU) juga akan menyediakan fitur tersebut.

“Jadi, ini memberikan pilihan pembayaran digital bagi pengguna jasa parkir, dengan pembayaran yang tidak menggunakan uang tunai ini, kita tidak harus sibuk lagi dengan kembalian pembayaran,” ujarnya, Jumat (18/6/2021).

Baca Juga: Kreatif, 10 Potret Keterangan di Karcis Parkir Ini Bikin Gemes!

2. Bisa mengurangi kontak fisik dan ramah lingkungan

Parkir Tepi Jalan di Surabaya Kini Gunakan Fitur Pembayaran DigitalSosialisasi pembayaran parkir via online di Surabaya. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Irvan menuturkan bahwa pembayaran retribus parkir dengn e-money ini bisa mengurangi kontak fisik antara pengendara dan petugas parkir untuk menghindari penularan COVID-19. Selain itu, saat ini kebanyakan masyarakat juga sudah tak lagi membawa uang tunai apalagi dalam pecahan kecil.

“Ini juga ramah lingkungan karena paperless atau tidak menggunakan karcis parkir, dan kalau memang dibutuhkan, petugas kami siap memberikan bukti trasaksinya, karena petugas parkir di sini dibekali dengan smartphone dan printer sebagai bukti transaksi kalau memang dibutuhkan. Jadi, petugas kita akan siap menawarkan atau menerima pembayaran secara cashless sesuai mobile banking atau fintech yang dimiliki oleh pengguna parkir,” tuturnya.

3. QR-code discan di awal

Parkir Tepi Jalan di Surabaya Kini Gunakan Fitur Pembayaran DigitalSosialisasi pembayaran parkir via online di Surabaya. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Irvan memaparkan, alur parkir dengan pembayaran digital ini cukup mudah. Pertamma, pengguna jasa parkir memarkirkan kendaraannya dan melakukan pembayaran parkir dengan fitur Qris. Lalu petugas memilih klasifikasi hingga retribusi parkir berdasarkan jenis kendaraan bermotor pada aplikasi Qris di handphone dan menekan opsi cetak Qris.

Selanjutnya, aplikasi akan otomatis mengeluarkan QR-Code sesuai klasifikasi tarif, kemudian pengguna jasa parkir melakukan scan QR-Code untuk persetujuan pembayaran. Setelah itu, aplikasi Qris pada android akan mencetak karcis dengan terlebih dahulu mengoneksikan android dengan bluetooth printer.

“Selain dua lokasi ini, ke depan rencananya kami akan terapkan di semua parkir TJU. Tentu yang tepi jalan yang potensial dari sisi turn overnya, dari sisi banyaknya pengguna jasa parkir, dan juga memang jukir di situ layak dibekali dengan peralatan QR-Code atau reader QR,” terangnya.

Baca Juga: Dishub Jatim Larang Pegawainya Melakukan Perjalanan Dinas ke Madura

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya