Parade Seni Budaya Surabaya Bisa Dinikmati Virtual Mulai Besok, Rek!

Bisa nonton kesenian Surabaya tanpa harus keluar rumah nih

Surabaya, IDN Times - Setelah menuai kontroversi saat menggelar pertunjukan seni secara langsung di Alun-alun Surabaya, kini Pemerintah Kota Surabaya mengalihkan pagelaran seni secara daring. Pentas seni ini mulai dapat diakses sejak Sabtu (19/9/2020) dan akan dibuka oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

1. Pemkot Surabaya gelar Parade Seni Budaya Surabaya secara virtual

Parade Seni Budaya Surabaya Bisa Dinikmati Virtual Mulai Besok, Rek!Pertunjukan kesenian di Balai Pemuda Surabaya sebelum pandemik COVID-19. Dok Humas Pemkot Surabaya

Pemkot Surabaya memang ingin memberikan kesempatan para seniman di Kota Surabaya untuk bisa kembali berkaya dan berpenghasilan di tengah pandemik COVID-19. Kali ini mereka bisa beraksi secara daring, sehingga tidak menimbulkan kerumunan massa seperti pertunjukkan seni di Alun-alun Surabaya beberapa waktu lalu.

Kepala Disbudpar Kota Surabaya, Antiek Sugiharti menjelaskan, pertunjukan seni yang dinamai Parade Seni Budaya Surabaya akan digelar mulai tanggal 19 September hingga akhir bulan Desember 2020. Nantinya, pertunjukkan itu akan digelar mulai tiga hingga lima kali dalam satu pekan.

"Tentunya tokoh yang luar biasa ibunya arek-arek Suroboyo (Risma) juga akan tampil di pertunjukkan perdana. Jadi kami tidak sampaikan lokasinya karena tayangnya secara virtual,” ujarnya Jumat (18/9/2020).

2. Tiap penampilan akan membawa tema tertentu

Parade Seni Budaya Surabaya Bisa Dinikmati Virtual Mulai Besok, Rek!Balai Pemuda yang kini menjadi Plaza Atas Alun-alun Surabaya. Dok. Humas Pemkot Surabaya

Antiek mengatakan bahwa tiap penampilan parade seni akan mengangkat suatu tema khusus yang kemudian disampaikan berbeda-beda sesuai dengan kesenian masing-masing. Dengan demikian, ia berharap warga tidak bosan menyaksikan parade tersebut.

"Misalnya tanggal 19 September besok kami mengambil tema Surabaya Merah Putih, berkaitan dengan perobekan bendera. Akan tampil mulai KPJ (Komunitas Penyanyi Jalanan), ludruk, teater, dan musik dalam suatu kegiatan seni budaya,” tuturnya.

Baca Juga: Pandemik Bikin Sepi Pentas, Seniman Kerja Keras Mencari "Jalan Pintas"

3. Seniman akan tampil bergantian

Parade Seni Budaya Surabaya Bisa Dinikmati Virtual Mulai Besok, Rek!Balai Pemuda yang kini menjadi Plaza Atas Alun-alun Surabaya. Dok. Humas Pemkot Surabaya

Pemkot Surabaya juga berusaha memberikan kesempatan kepada tiap seniman agar bisa tampil dalam parade tersebut secara merata. Sehingga, tiap seniman yang terdaftar di Disbudpar Surabaya bisa menghibur warga Surabaya sekaligus mendapatkan pendapatan dari kesempatan tampil itu.

"Artinya, dalam tampilan virtual itu seniman kita akan tampil secara bergantian dalam momen dan tema yang berbeda-beda," ungkapnya.

4. Bisa disaksikan di Instagram dan YouTube

Parade Seni Budaya Surabaya Bisa Dinikmati Virtual Mulai Besok, Rek!Pertunjukan kesenian di Balai Pemuda Surabaya sebelum pandemik COVID-19. Dok Humas Pemkot Surabaya

Parade Seni Budaya Surabaya ini bisa dinikmati mulai pukul 19.00 WIB di beberapa akun media sosial Instagram dan kanal youtube milik Pemkot Surabaya seperti Sparkling Surabaya, Sapa Warga Surabaya, dan Bangga Surabaya. Dengan demikian, warga pun bisa mendapat hiburan tanpa harus keluar rumah dan berisiko terpapar COVID-19.

"Kami juga berkolaborasi dengan beberapa media televisi," pungkasnya.

Baca Juga: Plaza Atas Alun-alun Surabaya Diresmikan, Arena untuk Para Seniman

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya