Pamitan, Soekarwo Minta Khofifah Lanjutkan "Kapal" Jatim

Terima kasih atas jasamu selama 10 tahun, Pakde!

Surabaya, IDN Times - Masa bakti Soekarwo sebagai Gubernur Jawa Timur akan berakhir pada Selasa (12/2). Di momen-momen purna bakti, Soekarwo mengundang jajaran Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) Jatim dan Bupati serta Wali Kota se-Jatim bersantap malam bersama di Gedung Negara Grahadi, Senin (11/2).

 

1. Berpamitan pada semua pihak

Pamitan, Soekarwo Minta Khofifah Lanjutkan Kapal JatimIDN Times/Fitria Madia

 

Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, menyampaikan salam perpisahan ditemani oleh istrinya, Nina Soekarwo. Ia menuturkan rasa terima kasihnya kepada jajaran yang telah membantunya dalam 10 tahun terakhir. "Saya bersama istri, dan pak wagub bersama Ibu Fatma mohon pamit, karena gaji tinggal satu amplop. Besok jam 24.00 WIB sudah berhenti," ujarnya disambut gelak tawa para undangan.

2. Meminta maaf apabila ada salah

Pamitan, Soekarwo Minta Khofifah Lanjutkan Kapal JatimIDN Times/Fitria Madia

 

Tak hanya itu, Pakde Karwo juga menghaturkan permintaan maaf apabila terdapat kesalah dalam kepemerintahannya. Dalam kesempatan ini, Pakde Karwo kembali tidak ditemani oleh wakilnya, Syaifullah Yusuf. "Hari ini saya dan istri saya mohon pamit. Manusia tidak lepas dari keliru dan lupa. Saya mohon maaf kalau ada hal-hal yang maksud saya baik tapi mungkin salah menyampaikan," ungkapnya.

3. Menyebut Jatim sebagai Indonesia mini

Pamitan, Soekarwo Minta Khofifah Lanjutkan Kapal JatimIDN Times/Fitria Madia

 

Dalam pidato tersebut, Pakde Karwo juga menjelaskan keberagaman yang ada di Jatim. Berbagai ras, suku, dan agama hidup rukun berdampingan di Jatim. Oleh karena itu ia menitipkan kondisi harmonis ini pada pemerintahan selanjutnya."Saya kira tidak berlebihan bahwa saya menyamakan dengan indonesia mini yang dicita-citakan. Satu daerah yang luar biasa. Jatim memiliki pandangan yang terbuka terhadap hal-hal baik dan meneruskan hal-hal lama yang baik dalam kehidupan ini," tuturnya.

4. Menitipkan kapal kepada Khofifah

Pamitan, Soekarwo Minta Khofifah Lanjutkan Kapal JatimIDN Times/Nofika Dian Nugroho

 

Di bagian akhir pidatonya, Pakde Karwo juga menitipkan tonggak kepemerintahan kepada Gubernur-Wakil Gubernur Jatim terpilih, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak."Kemudian Ibu Khofifah dan Mas Emil melanjutkan kereta atau kapal ini yang berjalan menuju pelabuhan yang diidamkan masyarakat Jatim," pesannya.

Malam tersebut berlangsung dengan cair. Para pejabat menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pakde Karwo dan salam selamat datang kepada Khofifah-Emil. Tak hanya berisikan pidato, malam tersebut juga diwarnai oleh penampilan artis ibu kota Ari Lasso. Emil pun sempat bernyanyi bersama Ari Lasso.

Baca Juga: Makan Bareng Khofifah, Rupanya Risma Minta SMA/SMK Kembali Gratis

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya