Pakar Imunologi Unair: Hadapi Omicron dengan Prokes, Vaksin, dan Imun

Kekebalan tubuh adalah hal penting untuk cegah COVID-19

Surabaya, IDN Times - Virus corona varian omicron menjadi momok terbaru bagi Indonesia bebarengan dengan prediksi gelombang ketiga setelah momen libur Natal dan tahun baru (Nataru). Untuk cegah penularan COVID-19 selama masa tersebut, pakar imunologi dari Universitas Airlangga membagikan sejumlah tips.

1. Masyarakat harus patuh protokol kesehatan

Pakar Imunologi Unair: Hadapi Omicron dengan Prokes, Vaksin, dan ImunJenis varian baru virus corona yang harus diwaspadai (Dokumentasi IDN Times)

Pakar Imunologi Unair, Prof. Dr. Theresia Indah Budhy. S., drg. M.Kes.,Sp.PMM(K) menerangkan bahwa kunci pertama untuk mencegah penularan COVID-19 adalah mematuhi protokol kesehatan. Ia pun mendukung upaya pemerintah untuk mengetatkan kegiatan masyarakat selama momen libur Nataru.

“Patuhi instruksi yang sudah dibuat, karena itu demi kebaikan kita,” ujarnya, Kamis (2/12/2021).

2. Vaksin bisa bantu cegah COVID-19

Pakar Imunologi Unair: Hadapi Omicron dengan Prokes, Vaksin, dan Imunilustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Langkah kedua yang bisa masyarakat lakukan untuk mencegah penularan virus corona varian omicron ini adalah dengan mendapatkan vaksin. Meski tidak bisa kebal 100 persen, namun vaksin bisa membantu membentuk kekebalan tubuh sehingga mengurangi risiko gejala berat dari COVID-19.

“Meningkatkan immune, yang adalah gerbang utama kita menjadi hal yang perlu dilakukan namun sering diabaikan,” tuturnya.

Baca Juga: Kemenkes: Varian Omicron Hasil Kombinasi Delta, Alpha, Beta, Gamma 

3. Jangan lupakan daya tahan tubuh alami

Pakar Imunologi Unair: Hadapi Omicron dengan Prokes, Vaksin, dan Imuninforgrafis fakta varian Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain dua hal itu, Theresia mengingatkan pentingnya imun natural tubuh. Pola hidup sehat membuat tubuh lebih kuat sehingga tidak rentan terhadap penyakit. Daya tahan tubuh yang baik merupakan senjata ampuh untuk hadapi COVID-19.

“Pola tidur harus bagus, menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Walaupun di zaman modern ini rasanya sulit, namun harus diupayakan untuk membentuk sistem imun yang prima,” tutupnya.

Baca Juga: Ini Daftar Negara yang Laporkan Infeksi Varian Omicron

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya