Padam dalam 5 Jam, 29 Unit Pemadam Taklukkan Kebakaran Margomulyo

Perlu tambahan 16 unit tangki air

Surabaya, IDN Times - Kebakaran besar di sebuah pabrik dan gudang palet plastik Jalan Margomulyo No. 208, Kecamatan Tandes, Surabaya pada Rabu (31/3/2021) akhirnya padam dan dinyatakan kondusif. Dibutuhkan waktu hingga hampir 5 jam untuk menjinakkan si jago merah.

1. Api sudah besar saat pemadam kebakaran tiba di lokasi

Padam dalam 5 Jam, 29 Unit Pemadam Taklukkan Kebakaran MargomulyoKebakaran gudang palet plastik di kawasan Margomulyo, Tandes, Surabaya, Rabu (31/3/2021). Dok istimewa

Kabid Ops Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya, Bambang Vistadi menjelaskan bahwa pihaknya menerima laporan kebakaran tersebut pada pukul 12.13 WIB. Tujuh menit kemudian, unit pemadam kebakaran sudah tiba di lokasi untuk melakukan pemadaman.

"Ketika tiba, api sudah besar dan menimbulkan asap hitam karena yang terbakar adalah plastik," ujar Bambang, Rabu (31/3/2021).

Baca Juga: Beda Risma dan Anies dalam Memberi Bantuan Korban Kebakaran Matraman

2. Perlu 29 unit mobil pemadam dan 16 mobil tangki air

Padam dalam 5 Jam, 29 Unit Pemadam Taklukkan Kebakaran MargomulyoIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Dalam upaya pemadaman kebakaran tersebut, 29 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan. Selain itu, 15 unit tangki bantuan dari DKRTH dan 1 unit tangki dari PDAM juga dikerahkan. Pemadaman ini memerlukan banyak tenaga karena area kebakaran yang luas serta barang yang tersimpan di gudang mudah terbakar.

"Jarak antara sumber air yaitu sungai depan Kantor Kecamatan Tandes sampai Ke tempat kejadian kebakaran kurang lebih 400 meter sehingga diperlukan unit tangki tambahan," lanjut Bambang.

3. Perlu waktu hampir 5 jam untuk memadamkan

Padam dalam 5 Jam, 29 Unit Pemadam Taklukkan Kebakaran MargomulyoIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Pemadaman ini pun memakan waktu yang cukup lama. Api pokok baru dinyatakan padam pada pukul 15.57 WIB. Sementara proses pembasahan hingga kondisi dinyatakan kondusif memerlukan waktu satu jam hingga pukul 16.52 WIB.

"Tapi syukurlah semuanya sudah bisa dipadamkan hingga kondusif," ungkap Bambang.

Sementara itu, Kanitreskrim Polsek Tandes, Ipda Gogot Purwanto mengatakan bahwa belum ada korban dari kebakaran tersebut. Sejauh ini, seluruh karyawan dan warga sekitar berhasil menyelamatkan diri.

"Berdasarkan data kami, masih belum ada warga atau korban yang terluka, yang pasti sudah dievakuasi semua, termasuk barang-barangnya," imbuhnya.

Baca Juga: Kebakaran Gudang Plastik Margomulyo, Asap Hitam Membubung Tinggi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya