Museum Olahraga Surabaya Siap Diresmikan, Cek Isinya Yuk!

Besok Museum Olahraga diresmikan oleh Eri dan Risma

Surabaya, IDN Times - Salah satu proyek impian Menteri Sosial RI Tri Rismaharini semasa menjadi Wali Kota Surabaya yaitu Museum Olahraga akhirnya akan diresmikan setelah berulang kali tertunda. Museum ini akan diresmikan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi besok, Sabtu (7/5/2021). Ada apa saja di dalamnya? Cek yuk.

Baca Juga: Akan Undang Risma, Museum Olahraga Surabaya Diresmikan Dua Pekan Lagi

1. Peresmian tertunda karena pengumpulan koleksi

Museum Olahraga Surabaya Siap Diresmikan, Cek Isinya Yuk!Koleksi yang ada di Museum Olahraga Surabaya. Dok. Humas Pemkot Surabaya

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Antiek Sugiharti menjelaskan, beberapa koleksi membutuhkan sejumlah waktu untuk dilengkapi. Persiapan ini lah yang akhirnya membuat Museum Olahraga Surabaya harus terus menerus ditunda peresmiannya.
 
"Persiapannya sudah 99 persen. Kita gelar sesuai prokes ya, sehingga tidak semuanya diperbolehkan masuk saat peresmian maupun peninjauan lokasi, mengingat pandemi Covid-19. Mudah-mudahan peresmian berjalan lancar," ujar Antiek Sugiharti, Jumat (7/5/2021).

2. Koleksi terdiri dari tiga bagian

Museum Olahraga Surabaya Siap Diresmikan, Cek Isinya Yuk!Koleksi khusus cabor voli di Museum Olahraga Surabaya.

Museum yang terletak berdekatan dengan Gelora Pancasila dan Lapangan Thor ini memiliki 235 jenis koleksi. Ratusan koleksi tersebut terbagi menjadi tiga jenis. Pertama, koleksi historika yakni koleksi yang diperoleh dari hasil temuan, hasil escavasi atau bukti materil bersejarah berjumlah sekitar 169 buah. Kemudian kedua, koleksi heraldika yaitu tanda penghargaan atau jasa, kepangkatan, lambang atau logo sebanyak 65 buah.
 
"Ketiga koleksi teknologika terkait benda dengan unsur teknologi berjumlah satu buah. Kita kumpulkan bersama dengan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora),” terang Antiek.

3. Museum berisi berbagai koleksi

Museum Olahraga Surabaya Siap Diresmikan, Cek Isinya Yuk!Kearifan Olahraga sebuah pesan dari para atlet. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Antiek menjelaskan, barang-barang bersejarah tersebut diperoleh dari para atlet nasional maupun internasional asal Kota Pahlawan. Tidak hanya itu, pihaknya juga mencari dan mengumpulkan koleksi dari baraneka ragam sumber dengan berbagai cabang olahraga. Mulai dari sarana koleksi olahraga tradisional hingga olahraga prestasi serta kostum pertandingan, piala, piagam penghargaan, medali, kartu peserta, sepatu hingga segala sesuatu yang terkait dengan olahraga.
 
“Kemarin Mbak Lilies Handayani atlet panahan yang memberikan alat panahannya sampai menjuarai kejuaraan nasional dan internasional. Dan masih banyak lagi para atlet yang menyumbangkan barang bersejarahnya untuk terpajang di Museum Olahraga,” paparnya.

4. Ada wahana foto 3D

Museum Olahraga Surabaya Siap Diresmikan, Cek Isinya Yuk!Museum Olahraga Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Tak cuma koleksi yang beragam, pengunjung juga bisa berfoto dengan fasilitas tiga dimensi yang tersedia. Fasilitas swafoto ini menampilkan tokoh-tokoh olahraga dari Kota Surabaya seperti Alan Budi Kusuma, Minarti Timur dan beberapa tokoh atlet yang telah mengukir sejarah.
 
“Lokasi itu ada di dekat pintu keluar. Jadi pengunjung akan  membawa pulang oleh-oleh foto tiga dimensi,” imbunya.

Setelah diresmikan, masyarakat dapat memanfaatkan destinasi museum untuk pilihan berlibur warga dengan melakukan reservasi melalui website http://tiketwisata.surabaya.go.id.

“Untuk reservasinya via online ya. Mengingat pandemi COVID-19 jadi kapasitasnya 50 persen pengunjung,” tutupnya.

Baca Juga: Buat Risma Susah Move On, Ini Museum Olahraga Surabaya Senilai Rp2 M

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya