Mulai Hari Ini GeNose Tersedia di Stasiun Sidoarjo, Tapi Tarif Naik

Dari Rp20 ribu jadi Rp30 ribu nih

Surabaya, IDN  Times - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah satu lagi layanan GeNose di wilayah Daop 8. Kini, masyarakat dari Kabupaten Sidoarjo tak perlu jauh-jauh ke Surabaya jika ingin GeNose. Layanan GeNose sudah tersedia di Sidoarjo sejak Sabtu (20/3/2021). Namun, penambahan stasiun ini dibarengi dengan kenaikan tarif dari GeNose menjadi Rp30 ribu.

1. Layanan GeNose kini tersedia di Stasiun Sidoarjo

Mulai Hari Ini GeNose Tersedia di Stasiun Sidoarjo, Tapi Tarif NaikAlat GeNose besutan peneliti UGM. Dok: istimewa

Manajer Humas Daop 8 Luqman Arif menjelaskan, perluasan cakupan layanan GeNose merupakan salahh satu tujuan dari sinergi BUMN untuk mempermudah masyarakat. Setelah menambah fasilitas GeNose di Stasiun Gubeng Surabaya, kini layanan tes cepat COVID-19 karya Universitas Gajah Mada itu bisa didapatkan di Stasiun Sidoarjo.

"Jadi untuk saat ini pelayanan GeNose C19 di wilayah Daop 8 Surabaya terdapat di empat stasiun yaitu Stasiun Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, dan Sidoarjo," ujar Luqman, Sabtu (20/3/2021).

2. Ada 23 stasiun di Indonesia yang melayani GeNose

Mulai Hari Ini GeNose Tersedia di Stasiun Sidoarjo, Tapi Tarif NaikMesin GeNose. Dok. Humas Pemprov Jateng

Dengan bertambahnya satu stasiun, kini terdapat 23 stasiun yang menyediakan layanan GeNose C19 di Indonesia. Layanan GeNose bisa didapatkan di Stasiun Pasarsenen, Gambir, Bekasi, Bandung, Kiara Condong, Cirebon, Cirebon Perujakan, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Kutoarjo, Purwokerto, Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan, Madiun, Jombang, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Stasiun Sidoarjo, Jember, dan Ketapang.

"Penyediaan pemeriksaan GeNose C19 ini merupakan komitmen KAI terhadap kebijakan pemerintah terkait persyaratan naik KA Jarak Jauh sesuai SE Satgas Covid-19 No 7 tahun 2021 dan SE Kemenhub No 20 Tahun 2021," tuturnya.

3. Tarif naik jadi Rp30 ribu

Mulai Hari Ini GeNose Tersedia di Stasiun Sidoarjo, Tapi Tarif Naik

Namun, penambahan stasiun ini dibarengi dengan naiknya tarif layanan GeNose. Biasanya, calon penumpang kereta api jarak jauh bisa mendapatkan tes GeNose dengan harga Rp20 ribu. Kini, tarif GeNose naik menjadi Rp30 ribu. Kenaikan ini memang sudah direncanakan karena tarif sebelumnya adalah tarif khusus prelaunching.

"KAI akan semakin meningkatkan pelayanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun dengan secara bertahap menambah lokasi pemeriksaan GeNose C19,” ungkap Luqman.

4. Hasil GeNose akan diintegrasi dengan tiket

Mulai Hari Ini GeNose Tersedia di Stasiun Sidoarjo, Tapi Tarif NaikLaunching GeNose di Stasiun Pasar Senen (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Salah satu peningkatan yang akan terjadi adalah integrasi sistem GeNose dengan ticketing KAI. Nantinya, hasil GeNose akan langsung tercantum pada data calon penumpang dan muncul di layar boarding petugas. Saat ini, fitur tersebut masih dalam tahap finalisasi.

"Sejak awal hadirnya layanan pemeriksaan GeNose C19 dalam rangka screening Covid-19 pada moda transportasi kereta api berjalan dengan lancar. Kami juga mengimbau kepada pelanggan untuk mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan untuk memutus penyebaran Covid-19 di moda transportasi kereta api,” tutup Luqman.

Baca Juga: GeNose C19 Bakal Digunakan di Bandara, Ini Kesiapan Angkasa Pura 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya