Meski Sudah Maafkan Penghinanya, Risma Belum Mau Cabut Laporan Polisi

Polisi sudah periksa 16 saksi

Surabaya, IDN Times - Meski mengaku sudah memaafkan penghinanya di Facebook, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tidak langsung mencabut laporannya. Laporan dugaan penghinaan dan ujaran kebencian itu pun terus diproses di kepolisian.

1. Risma masih akan berkomunikasi dengan Polrestabes Surabaya

Meski Sudah Maafkan Penghinanya, Risma Belum Mau Cabut Laporan PolisiPelaku penghinaan terhadap Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini di Mapolrestabes, Surabya. IDN Times/Fitria Madia

Hal ini disampaikan Risma usai memberikan keterangan pers bahwa ia memaafkan tersangka kasus penghinaan terhadap dirinya, Zikria (43). Risma masih pikir-pikir apakah ia akan mencabut laporan itu atau tidak.

"Saya belum ngerti terus terang. Nanti saya komunikasi dengan kepolisian (Polrestabes Surabaya) melalui Kantor Hukum saya. Sekali lagi, itu saya yang tanda tangan laporan," ujarnya di kediamannya, Rabu (5/1).

2. Serahkan kasus hukum pada polisi

Meski Sudah Maafkan Penghinanya, Risma Belum Mau Cabut Laporan PolisiRilis pelaku penghinaan terhadap Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Mapolrestabes, Surabya. (IDN Times/Fitria Madia)

Risma pun hingga saat ini menyerahkan proses hukum sepenuhnya kepada kepolisian. Terhitung, sudah dua pekan kasus ini berjalan sejak pertama kali dilaporkan Risma melalui Bagian Hukum Pemerintah Kota Surabaya pada 21 Januari 2020.

"Urusan hukum seterusnya saya serahkan Pak Kapolres (Sandi Nugroho). Tapi, saya sudah memaafkan dia," tuturnya.

Baca Juga: Penghina Risma di Facebook Ternyata Ibu Rumah Tangga Asal Bogor

3. Polisi terus lanjutkan kasus

Meski Sudah Maafkan Penghinanya, Risma Belum Mau Cabut Laporan PolisiWali Kota Surabaya Tri Rismaharini menunjukkan surat permintaan maaf Zikria. IDN Times/Fitria Madia

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho yang hadir dalam kesempatan tersebut menjelaskan, saat ini proses hukum masih berlangsung. Pihaknya sudah memeriksa 16 saksi, termasuk tersangka yang telah ditangkap pada 31 Januari 2020.

"Prosesnya akan kami tindak lanjuti dengan hal ini dan akan kami proses sesuai dengan ketentuan dengan tahapan-tahapan," terangnya.

4. Risma maafkan Zikria

Meski Sudah Maafkan Penghinanya, Risma Belum Mau Cabut Laporan PolisiTangkapan layar status akun Facebook Zikria Dzatil yang kini sudah hilang. Screenshoot Facebook.

Sebelumnya, Risma mengatakan bahwa ia memaafkan Zikria usai menerima surat permintaan maaf. Risma juga mengimbau kepada warga Surabaya yang sempat ikut terpancing emosi agar memaafkan Zikria juga.

"Saya maafkan yang bersangkutan. Saya sebagai manusia. Saya maafkan beliaunya juga manusia. Kalau dia sudah minta maaf, maka saya wajib memberikan maaf itu," ungkapnya.

Baca Juga: Risma Maafkan Wanita yang Menghinanya di Facebook

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya