Comscore Tracker

Menteri dalam Dakwaan Muncikari VA Akan Dihadirkan? Ini Jawaban JPU

Siapa ya menteri yang disebut?

Surabaya, IDN Times - Sosok menteri sempat muncul dalam dakwaan salah satu muncikari prostitusi online, N. Tertulis dalam surat dakwaan, menteri tersebut berusaha menyewa artis VA meskipun ditolak. Namun, apakah menteri tersebut akan dihadirkan di persidangan sebagai saksi untuk membuktikan dakwaan Jaksa Penuntut Umum?

1. Jaksa tidak mengetahui sosok menteri

Menteri dalam Dakwaan Muncikari VA Akan Dihadirkan? Ini Jawaban JPUIlustrasi hukum (Pixabay)

 

JPU Winarko, yang membacakan surat dakwaan N, mengatakan bahwa pihaknya tidak mengetahui siapa menteri yang dimaksud. Terdakwa pun juga mengaku tak tahu menahu akan sosok menteri yang menggunakan jasanya.

"Kalau kita tahu siapa namanya, sudah pasti akan kita sebutkan di dalam surat dakwaan itu," ujar Winarko saat ditemui di Pengadilan Negeri Kota Surabaya, Senin (8/4).

2. Penyidik tidak mengungkap sosok menteri

Menteri dalam Dakwaan Muncikari VA Akan Dihadirkan? Ini Jawaban JPUIDN Times/Fitria Madia

 

Winarko melanjutkan bahwa pihaknya tidak berkuasa untuk melakukan penyidikan lebih lanjut atas hal tersebut. Pengungkapan sosok menteri itu seharusnya dilakukan saat proses penyidikan di Polda Jatim.

"Tapi penyidik juga tidak mengungkap siapa menteri yang dimaksud. Terdakwa dan saksi-saksi juga mengaku tidak tahu," lanjutnya.

Baca Juga: Dakwaan Muncikari Sebut VA Dipesan Menteri, Pengacara Mengaku Tak Tahu

3. Kemungkinan menteri tidak dihadirkan dalam persidangan

Menteri dalam Dakwaan Muncikari VA Akan Dihadirkan? Ini Jawaban JPUIDN Times/Fitria Madia

 

Lalu, apakah jaksa akan mencari tahu dan memanggil menteri tersebut untuk memberikan kesaksian atas kejahatan N? Winarko menjawab kemungkinan besar tidak. Ia merasa saksi-saksi yang telah disiapkan dalam surat dakwaan telah cukup.

"Kalau pidana korupsi kan biasanya begitu. Dalam persidangan tiba-tiba muncul nama lalu dipanggil. Kalau ini kan tindak pidana biasa jadi saya rasa tidak," pungkas Winarko.

4. Permintaan menteri untuk menyewa VA tertera di surat dakwaan

Menteri dalam Dakwaan Muncikari VA Akan Dihadirkan? Ini Jawaban JPUIDN Times/Fitria Madia

 

Sebelumnya, Winarko membacakan surat dakwaan untuk N. Dalam surat dakwaan tersebut menyatakan bahwa N meneruskan permintaan seorang menteri untuk menyewa VA. Namun permintaan ini selanjutnya ditolak karena VA lebih memilih langsung menemani booking out (BO) daripada sekedar makan malam.

"Yang menanyakan apakah artis yang bernama VA bisa diajak untuk menemani kliennya yang katanta seorang menteri untuk diajak dinner atau mimican (mimik mimik cantik)," ujar Winarko, Kamis (4/4).

Sementara itu, pengacara VA Rakhmat Santoso mengatakan bahwa ia tak tahu menahu atas tawaran tersebut kepada kliennya.

"Yang saya tahu ini kan kontraknya untuk jadi MC di Sutos. Nah setelah itu perkembangannya malah dibelokkan ke prostitusi. Perkaranya kan ITE juga tentang foto yang dikirimkan VA ke terdakwa lain. Terkait yang lainnya saya gak ngerti," tutur Rakhmat kepada IDN Times.

Baca Juga: Lagi, Pengguna Jasa VA Tak Hadiri Persidangan Muncikari

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You